Ketahui!! Inilah Bahaya Asam Urat Berlebih Dalam Tubuh

Bahya asam urat dalam tubuh – Kadar asam urat berlebih di hasilkan akibat tubuh terlalu banyak menghailkan asam urat dan ginjal tidak bisa membuangnya dengan cepat. Tingkat asam urat yang tinggi, atau hyperuricemia, adalah kelebihan asam urat dalam darah Anda. Asam urat diproduksi selama pemecahan purin, zat yang ditemukan dalam banyak makanan. Setelah diproduksi, asam urat dibawa dalam darah dan melewati ginjal Anda, di mana sebagian besar meninggalkan tubuh Anda ketika Anda buang air kecil.

Bahaya Asam UratAsam urat merupakan bahan kimia yang diproduksi ketika tubuh Anda rusak setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa organik yang disebut purin. Makanan yang mengandung zat purin tinggi adalah hati, ikan asin, makarel, kacang kering, bir, dan anggur. Purin juga diciptakan melalui proses alami kerusakan sel dalam tubuh.

Kebanyakan asam urat dilarutkan dalam darah, disaring melalui ginjal, dan mengusir dalam urin. Kadang-kadang, tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak menyaring cukup itu. Hyperuricemia adalah gangguan yang terjadi ketika Anda memiliki terlalu banyak asam urat dalam tubuh Anda. Salah satu penyebab hiperurisemia meningkat kematian sel, karena kanker atau kanker pengobatan, dapat menyebabkan akumulasi asam urat dalam tubuh.

Kadar asam urat normal 2,4-6,0 mg / dL (wanita) dan 3,4-7,0 mg / dL (laki-laki). Nilai normal akan bervariasi dari laboratorium ke laboratorium. Hasil normal antara 3,5 dan 7,2 miligram asam urat per desiliter darah (mg / dL). Rendahnya tingkat asam urat kurang umum daripada tingkat tinggi dan kurang dari masalah kesehatan.

Ketahui!! Inilah Bahaya Asam asam Urat Berlebih Dalam Tubuh

Tingginya kadar asam urat dalam darah akan mengakibatkan diabetes, serangan arthritis akut berulang, kemoterapi, gangguan sumsum tulang (seperti leukemia), Makanan tinggi purin, hipoparatiroidisme (penurunn fungsi kelenjar paratiroid), gangguan ginjal (seperti gagal ginjal akut), batu ginjal, multiple myeloma (kanker sel plasma di sumsum tulang Anda), kanker metastasis (kanker yang telah menyebar dari situs aslinya)

Rendahnya tingkat asam urat dalam darah

  • mengakibatkan kelainan bawaan di mana jaringan Anda terlalu banyak mengandung zat tembaga)
  • Sindrom Fanconi (gangguan tabung ginjal)
  • alkohol
  • penyakit hati atau ginjal
  • diet rendah purin

Gangguan kesehatan akibat asam urat tinggi

  1. Asam Urat
    Asam urat terjadi ketika asam urat tinggi berubah menjadi kristal di persendian. keadaan ini sangat menyakitkan, Sendi yang mengalami gout akan menjadi membengkak. Gejala-gejala terjadinya gout biasanya kulit di area yang terserang gout akan mengelupas sedikit demi sedikit, dan di sertai dengan demam.
  2. Gagal Ginjal
    Asam urat berlebih menyebabkan gagal ginjal. Orang terkena gagal ginjal beresiko tinggi terkena penyakit asam urat. Gejala-gejala penyakit gagal ginjal seperti kelelahan, sesak nafas, nyeri pada dada, dsb. Hal tersebut terjadi karena urin yang seharusnya dibuang dari tubuh akan terperangkap di dalam tubuh dan meracuni tubuh.
  3. Batu Ginjal
    Asam urat yang menumpuk berubah menjadi kristal-kristal yang besar disebut batu. Pembentukan batu ini hanya akan terjadi di ginjal jika terdapat ruang untuk mengkristal dalam injal. Dan di Saat kristal ini bergerak, akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa . Biasanya akan terasa ketika buang air kecil . Jika kristal tersebut melukai saluran kemih, maka Akan muncul darah berwarna kemerah-merahan pada air seni.
  4. Hipertensi
    Asam urat menyebar ke seluruh tubuh bersama darah, dan meningkatkan kekentalan darah mengakibat aliran darah terganggu. Untuk menjaga agar laju aliran darah tetap stabil, jantung akn secara otomatis meningkatkan kinerjanya dan menyebabkan tekanan darah akan meningkat ( terjadinya hipertensi) .

Sekian informasi dari saya tentang bahaya penyakit asam urat . Ingat waspadai penyakit asam urat karna Semuanya berawal dari penyakit asam urat berlebih atau tinggi Sebelum terjadi komplikasi lebih lanjut akibat penyakit asam urat tinggi , kita harus menstabilkan kadar asam urat . Cara yang paling efektif untuk menurunkan kadar asam urat ialah dengan menggunakan obat herbal penurun asam urat. karena obat herbal asam urat alami ini tidak aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Risiko dari Tes Asam Urat Dalam Darah

Darah menarik yang rutin dan sangat aman. Risiko yang terkait dengan tes darah asam urat adalah sama seperti yang terkait dengan pengambilan darah, dan mungkin termasuk:

  • rasa sakit atau ketidaknyamanan di situs tusukan
  • pendarahan
  • pingsan
  • darah terakumulasi di bawah kulit (hematoma atau memar)
  • infeksi pada situs tusukan

Hal ini juga memungkinkan untuk memiliki asam urat terlalu sedikit dalam darah Anda, yang merupakan gejala dari hati atau penyakit ginjal, atau sindrom Fanconi, gangguan dari tubulus ginjal yang mencegah penyerapan zat-zat seperti glukosa dan asam urat, yang kemudian lulus dalam urin.
Tujuan dari Asam Urat Tes Darah

Tes asam urat paling umum

  • mendiagnosa dan memantau pasien dengan gout
  • memonitor pasien yang menjalani kemoterapi atau radiasi pengobatan
  • memeriksa fungsi ginjal pasca-cedera
  • menentukan penyebab batu ginjal
  • mendiagnosa gangguan ginjal

Menggunakan tes darah sederhana yang sudah tersedia untuk dokter untuk menentukan kemungkinan pasien terkena gagal jantung bisa menjadi alat skrining yang efektif, kata Krishnan. Ini bisa membantu dokter menargetkan pasien yang lebih muda yang harus agresif mengurangi faktor risiko yang dapat diobati lainnya untuk gagal jantung, seperti hipertensi atau obesitas. Namun, ia mencatat bahwa itu tidak diketahui apakah obat yang mengurangi kadar asam urat bisa membantu mengurangi kasus gagal jantung di masa depan. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi ini, kata Krishnan.

Asam urat merupakan prediktor dari gagal jantung tidak jelas, menurut penelitian. Asam urat dikenal untuk berkontribusi terhadap disfungsi endotel dengan merusak produksi oksida nitrat, yang dapat menyebabkan kerusakan pada jantung. Kemungkinan lain adalah bahwa kadar asam urat yang tinggi menyebabkan peradangan yang akhirnya mengakibatkan gagal jantung.

Asam urat secara alami terjadi dalam tubuh sebagai produk sampingan dari banyak makanan yang berbeda. Tingkat tinggi yang dikenal sebagai penyebab untuk jenis arthritis yang dikenal sebagai gout. Krishnan, yang menulis penelitian, menjadi tertarik pada hubungan antara kadar asam urat dan gagal jantung saat meneliti gout dan serangan jantung. “Ini adalah jalan memutar macam bagi saya,” katanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *