Bahaya Darah Tinggi Di Usia Muda

Bahaya darah tinggi di usia muda,- Darah tinggi terjadi akibat beberapa faktor dari kebiasaan diri seseorang yang buruk, penyakit bini bisa terjadi akibat pola makan yang buruk yang dilakukan seseorang terkadang seseorang tanpa sadar sudah menjalankan pola hidup yang tidak sehat dengan mengkomsumsi berbagai jenis makanan yang tidak sehat. Bagi anda yang sering mengkomsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan siap saji itu merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit darah tinggi.

bahaya daah tinggiBiasanya orang yang menjalani hidup sehat jarang sekali terkena penyakit yang berbahaya, lain halnya dengan orang-orang yang mempunyai gaya hidup tidak sehat. Tekanan darah yang normal berkisar antara 120/80 mmHg dan bila anda mempunyai tekanan darah yang melebihi batas normal tersebut berarti anda dikategorikan mengalami penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Bahaya Darah Tinggi Di Usia Muda

Bahaya darah tinggi bila tidak segera di tangani dengan cepat dapat memicu terjadinya komplikasi seperti kerusakan otak, stroke, jantung, dan ginjal yang di pengaruhi oleh tingginya tekanan darah, usia, merokok, dan diabetes melitus. Oleh karena itu janganlah kita sekali-kali menyepelekan akan penyakit ini. Tekanan darah tinggi atau hipertensi sendiri merupakan terjadinya gangguan pada sistem peredaran darah yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah di atas normal yaitu melebihi 140/90 mmHg.

Berikut ini uraian lengkap mengenai apa saja bahaya darah tinggi apabila tidak cepat di tangani

  • Kerusakan otak( stroke ) dan serangan jantung
    Komplikasi akibat tekaanan darah tinggi yang pertama ialah menyebabkan stroke dan serangan jantung, karena terjadi pengerasan dan penebalan arteri (aterosklerosis) dalam tubuh.
  • Gangguan fungsi ginjal
    Terkadang semua penyakit seperti tekanan darah dan ginjal ini berawal tanpa gejala. Namun gejala biasanya dari penyakit tersebut biasanya di sepelekan oleh penderita, seperti buang air kecil yang berbusa. Padahal itu merupakan salah satu tanda bahwa ginjal Anda tengah mengalami kebocoran, hal ini terjadi karena ginjal tidak berfungsi sebagai mana mestinya.
  • Kelainan mata
    Perlu Anda ketahui, tekanan darah juga ternyata dapat menyebabkan kerusakan saraf mata atau istilahnya di sebut dengan retinopati hipertensif. Tekanan darah yang tinggi nyatanya dapat merusak pembuluh darah kecil yang berada di dalam mata hingga merusak saraf mata.
  • Kelainan jantung
    Tentu sudah Anda ketahui bahwa darah tinggi/hipertensi sering di kaitkan dengan penyakit jantung. Keduanya saling berkorelasi akibat kadar garam yang tinggi dalam tubuh. Tekanan darah yang tidak terkontrol pada mulanya akan meningkatkan beban kerja jantung, sehingga terjadinya pembesaran ruang jantung. Tidak hanya itu, keluhan baru juga dapat muncul setelah terjadi kerusakan jantung yang lebih berat, dapat berupa kematian sel-sel jantung atau gagal jantung.
  • Penyakit Pembuluh Darah Arteri
    Penyakit komplikasi arteri akibat tekanan darah tinggi yang di maksud ialah kerusakan pada pembuluh darah lengan dan tungkai. Keluhan yang paling sering di temui pada penderitanya berupa nyeri ketika berjalan jauh atau beraktivitas yang awalnya membaik hanya dengan beristirahat. Pada tahap lanjut, penyakit arteri dapat menyebabkan rasa kesemutan dan baal pada bagian tubuh yang terkena, dan akhirnya dapat terjadi gangren atau kematian jaringan tungkai/lengan yang mewajibkan peneritanya melakukan tindakan amputasi.

Itulah beberapa penyakit komplikasi yang di akibatkan oleh darah tinggi apabila tidak segera di tangani dengan baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *