Bahaya Penyakit Kista Coklat

Bahaya Penyakit Kista Coklat – Sampai saat ini penyebab terjadinya kista coklat atau yang sering disebut dengan kista endometriosis ini belum diketahui secara pasti, penyakit kista ini dapat menyerang wanita usia dewasa namun tak kemungkinan besar kaum wanita remajapun bisa terkena akibat pola gaya hidup yang tidak sehat. 

Bahaya Penyakit Kista Coklat

Bahaya Penyakit Kista CoklatPada saat kaum wanita  mengalami menstruasi saat itulah  kista endometriosis akan menghambat darah keluar, sehingga semakin membesarnya kista akan membuat rasa sakit yang begitu hebat. 

Kista coklat atau yang biasa di kenal dalam dunia kedokteran dengan dengan kista endometriosis adalah kista yang tumbuh pada permukaan ovarium, setelah itu kista coklat ini menyerang bagian dalam tubuh ovarium dan membentuk kantung yang berisi darah, kista ini di sebut sebagai kista coklat karna terdapat penumpukan darah berwarna merah ke coklatan sehingga gelap, biasanya ukuran kista coklat ini sebesar kacang dan bisa tumbuh lebih besar dari buah anggur. Pada akhir-akhir ini penelitian terungkap mengenai kista coklat ada hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh pada seorang wanita dan juga terjadinya gangguan hormonal akibat dari paparan racun dari lingkungan sekitar. 

Gejala Terjadinya Penyakit Kista Coklat

  • Nyeri panggul yang sering kambuh
  • Mengalami masa haid yang tidak teratur
  • Perut terasa kembung
  • Mengalami nyeri yang begitu hebat saat haid
  • Jika yang sudah menikah terkadang sering mengalami nyeri saat senggama
  • Terasa nyeri di perut bagian bawah
  • Akan mengakibatkan adanya gangguan pada kesuburan

Diatas merupakan gejala  kista yang sering ditemukan oleh para dokter, maka dari itu kaum wanita harus waspada jika menemukan gejala-gejala seperti diatas jangan tunda lagi segeralah melakukan konsultasi pada dokter yang bersangkutan agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Dibawah ini ada beberapa penyebab yang dapat diketahui dapat menimbulkan kista coklat, simak baik-baik :

Penyebab kista coklat (Endometriosis)

  • Adanya pembentukan gangguan pada pembentukan hormon di hipotalamus(organ yang mengatur  pembentukan hormon dalam tubuh)
  • Pola gaya hidup yang tidak sehat
  • Genetik
  • Terjadinya gangguan pembentukan hormon pada indung telur
  • Terjadinya perkembangan sel yang tidak normal
  • Mengalami kondisi tertentu yang akhirnya dapat membuat jalur darah menstruasi menjadi terhalang

Maka dari itu kita harus waspada, tak ada salahnya bukan melakukan pencegahan sejak dini apalagi yang sudah terkena penyakit kista. Berikut dibawah ini cara pencegahan penyakit kista coklat : 

Hindari Pola Gaya Hidup yang tidak sehat
Ini adalah faktor pencetus dari segala sumber penyakit, maka dari itu anda harus kiat-kiat mengatur pola gaya hidup. Tinggalkan pola gaya hidup yang buruk dan segeralah jalankan pola hidup yang sehat saat ini juga, jangan lupa juga lakukan olahraga secara teratur minimal 2x dalam seminggu.

Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol
Sudah pasti anda mengetahuinya minuman yang mengandung banyak alkhol sangatlah tidak baik bagi tubuh, selain itu juga minuman bersoda pun harus anda hindari.

Berhenti mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet sangat tidak sehat bagi kesehatan tubuh, kandungan senyawa yang terdapat didalamnya dapat memicu pertumbuhan sel kanker dan tumor

Menggunakan terapi hormon
Banyak sekali berbagai terapi hormon, anda bisa mencobanya sebagai penyembuhan kista coklat yang anda alami.

Gunakan bahan herbal
Anda bisa mencoba mengobati kista coklat dengan ramuan herbal dibawan ini. Berikut cara membuatnya :

Bahan-Bahan :
– 30 gram daun dewa segar
– 30 gram temu putih segar
– 11 gram sambiloto kering

Cara Pemakaian :
Cuci bersih daun dewa dan temu putih kemuadian potong-potong daun tersebut tipis-tips, setelah itu rebus semua bahan dengan tambahan 3 gelas air hingga tersisa sekitar separuhnya. Setelah itu kemudian angkat dan saringlah, tunggu hingga dingin ( konsumsi 2x sehari sebanyak 1/2 gelas tiap kalinya)

Seperti itulah informasi kesehatan mengenai Bahaya Penyakit Kista Coklat, semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda semua. 

Vig Power Capsule:

apakah kambuhan penyakit kista coklat berbahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *