Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara ampuh mengatasi hidung tersumbat,- Hidung tersumbat adalah masalah yang sangat mengganggu, apalagi jika hal itu dialami pada waktu tidur di malam hari.

Anda mungkin dapat pergi ke apotek dan membeli beberapa obat-obatan untuk mengatasi hidung tersumbat di malam hari. Tapi obat-obatan hampir selalu mempunyai efek samping. Maka itu, cobalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat di malam hari dengan pengobatan alami.

cara mengatasi hidung tersumbatBerikut ini daftar beberapa pengobatan alami dan langkah-langkah perawatan diri untuk membantu anda meredakan hidung tersumbat di waktu tidur malam hari dan membuat anda bernafas lega.

Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat

Penyebab Hidung Tersumbat

Menurut National Institutes of Health hidung tersumbat karena penyakit ringan diatas dapat sembuh atau hilang dengan sendirinya dalam waktu satu minggu.

Untuk hidung tersumbat yang berlangsung lama, maka kemungkinan penyebabnya, antara lain:

  • Rinitis Alergi
  • Alergi serbuk sari
  • Polip hidung (hidung tersumbat hanya sebelah dan tidak berpindah-pindah)
  • Paparan zat kimia
  • Iritasi hidung karena faktor lingkungan contohnya asap atau debu.
  • Sinusitis kronis (infeksi sinus yang berlangsung lama)
  • Tumor (biasanya jinak, bukan kanker atau, massa yang dapat menyebabkan kemacetan jika mereka tumbuh di bagian hidung)
  • Septum menyimpang (sekat hidung yang membatasi antara rongga kanan-kiri yang seharusnya tepat di tengah-tengah, malah menyimpang alias mengot ke kanan atau ke kiri).
  • Sakit kepala cluster
  • Benda Asing (paling sering pada anak-anak) dengan ciri-ciri hidung terus berair (ingus) berbau, biasanya hanya satu hidung.

Penyebab Hidung tersumbat yang jarang lainnya yaitu kehamilan, paling sering dimulai pada akhir trimester pertama.

Hidung tersumbat ini mungkin disebabkan oleh fluktuasi hormonal dan peningkatan suplai darah yang terjadi selama kehamilan. Perubahan ini dapat mempengaruhi membran hidung, menjadi meradang, kering, atau berdarah.

Mengatasi hidung tersumbat pada orang dewasa

  1. Menghirup uap air panas
    Uap air panas dapat mengatasi hidung tersumbat dan juga membantu anda untuk bernafas lebih lega. Anda dapat menggunakan uap air panas sesuai kebutuhan.
  2. Kompres dengan air hangat
    Cobalah berbaring santai kemudian kompres hidung anda menggunakan handuk kecil yang sudah dicelupkan kedalam air hangat. Apabila kain sudah dingin basahi lagi dengan air hangat, terapkan cara ini berulang kali sampai anda merasakan manfaatnya.
  3. Menggunakan inhaler, balsem, atau minyak angin
    Cara ini cukup simple namun sangat ampuh untuk menghilangkan hidung tersumbat. Anda cukup menghirup inhaler, balsem, maupun minyak angin. Selain dengan cara menghirupnya, anda juga dapat mengoleskan balsem atau minyak angin di sekitar leher.
  4. Mengonsumsi makanan pedas
    Cobalah mengonsumsi makanan pedas apabila hidung tersumbat oleh ingus yang kental dan susah dikeluarkan. Makanan pedas tersebut dapat merangsang perlendiran sehingga akan membuat ingus anda lebih encer dan mudah dikeluarkan. Wedang jahe atau sup ayam hangat dan pedas dapat anda coba konsumsi.

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi

  • Menggunakan nasal aspirator atau penyedot lendir
    Alat penyedot lendir pada bayi ini dapat anda temukan di apotik. Sebelum menggunakannya ada baiknya membersihkan alat tersebut dengan tissue beralkohol terlebih dulu.
  • Dengan tissue
    Apabila anda tidak menemukan alat penyedot lendir di apotik, cobalah dengan menggunakan tissue untuk membersihkan ingus bayi. Caranya cukup dengan melipat tissue sedemikian rupa hingga ujung tissue agak runcing. Setelah itu masukkan tissue kelubang hidung bayi secara perlahan dan keluarkan ingusnya.

www.vigpower-capsule.web.id/

Vig Power Capsule:

cara mengobati flu bayi umur 2 -3 bulam,vig power menyebabkan pilek dan sakit kepala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *