Wanita Harus Tau! Inilah Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Cara mencegah kanker payudara sejak dini – Kanker payudara merupakan sebuah kanker yang terjadi pada jaringan payudara dengan penderita paling banyak adalah wanita. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pria dapat terserang penyakit ini walau resikonya sangat kecil. Setiap penyakit mempunyai sebab dan akibat, tidak terkecuali penyakit ini. Terdapat beberapa cara mencegah kanker payudara yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit tersebut.

Baca Juga:

Cara-Mencegah-Kanker-PayudaraFaktor seseorang memiliki penyakit ini belum dapat diketahui secara pasti namun ada beberapa pengaruh yang menyebabkan penyakit kanker payudara diantaranya faktor reproduksi dengan resiko utama adalah umur yang bertambah, penggunaan hormon estrogen, penyakit fibrokistik, obesitas, mengkonsumsi lemak-lemak jenuh, lemak trans dan omega-6 secara berlebihan, radiasi, faktor genetik atau salah satu dari anggota keluarga terdapat penderita penyakit ini. Cara mencegah kanker payudara sejak dini

Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

  1. Makan Buah dan Sayuran
    Buah dan sayuran memiliki antioksidan yang tinggi. Untuk itu setiap hari di harapkan selalu mengkonsumsi buah dan sayuran. Sayuran yang di sarankan seperti : brokoli, kubis, kecamba brussels, kembang kol, sayuran hijau (sawi, bayam, kangkung), wortel, tomat. Dan untuk buahnya bisa jeruk, berry, ceri.
  2. Tidak Minum Alkohol
    Bila memiliki kebiasaan minum alkohol ini sangat berbahaya karena saat minum alkohol dapat meningkatkan hormon estrogen. Minum alkohol menyumbang  resiko kanker payudara sebasar 70%.
  3. Idealkan Berat Badan
    Sangat penting sekali bagi anda yang mempunyai tipikal berat badan berlebihan untuk menguranginya. Sebab pada dasarnya obesitas memiliki resiko terserang kanker payudara. Bahkan wanita obesitas, juga memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk bisa bertahan lebih lama saat menderita kanker, di banding wanita yang memiliki berat badan yang ideal.
  4. Meyusui Bayi
    Jika anda memberikan ASI kepada anak selama masa menyusui resiko terkena kanker akan kecil ini di karenakan saat menyusui akan menurunkan reseptor estrogen reseptif penyebab kanker  sampai 91%.
  5. Olahraga Teratur
    Olah raga dapat menurunkan resiko kanker peyudara pada wanita, di karenakan olahraga dapat menurunkan kadar hormon strogen yang dapat memicu terjadinya kanker payudara ini. Keefetivitas olahraga dalam menurunkan resiko kanker bisa sampai 6%. Untuk itu lakukan sekitar 30 menit saja setiap hari minima; 3-4 dalam seminggu aktif untuk bergerak. Banyak jenis olagraga yang bisa di pilih seperti jalan kaki, jogging, renang, naik sepeda, taichi, mendaki gunung, menari, yoga, juga tenis.
  6. Lakukan SADARI dan Periksa Rutin
    Membiasakan diri untuk selalu memeriksakan diri ke dokter setiap bulan merupakan suatu hal yang sangat baik sekali. Dan juga yang tidak kalah bagusnya adalah melakukan permeriksaan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) Teknik ini adalah yang paling banyak eksi dilakukan orang indonesia dan menjadi cara untuk mendeteksi kanker payudara.

Cara mencegah kanker bisa dilakukan dengan menjaga gaya hidup sehat dan mengatur pola diet yang tepat. Perbanyak konsumsi air putih yang higienis. Deteksi lebih dini terhadap kedua kanker ganas tersebut terbukti bisa mengurangi jumlah penderita kanker di Indonesia.

www.vigpower-capsule.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *