Cara Menyembuhkan Pengapuran Tulang

Cara menyembuhkan pengapuran tulang,- Pengapuran tulang dan sendi memiliki bahasa medis osteoarthritis. Hal ini dikaitkan dengan adanya peradangan sendi akibat bantalan pada ujung tulang menjadi menipis seiring waktu. Jadi, kerusakan yang terjadi berada di sendi dan bagian tulang sekitar sendi tersebut. Menurut Institut Nasional Arthritis dan Musculoskeletal dan Penyakit Kulit, osteoarthritis adalah jenis yang paling umum dari arthritis dan dapat menyebabkan degenerasi sendi atau pengapuran tulang yang pada akhirnya memacu tulang dan sendi Anda terpengaruh.

Arthritis sendiri adalah peradangan dari satu atau lebih sendi. Gejala utama dari arthritis adalah nyeri sendi dan kekakuan. Sedangkan gejala paling umum dari pengapuran tulang ini ialah kelenturan sendi yang menurun, sendi yang mudah nyeri dan lemas otot dan massa otot yang berkurang.

Kondisi Yang Menyebabkan Osteoarthritis

Penyebab dari rusaknya sendi dan daerah sendi yang tidak mampu diperbaiki dengan sempurna oleh tubuh ini masih belum bisa dipastikan. Meski demikian, ada beberapa faktor yang diduga berperan dalam meningkatkan seseorang berisiko terkena osteoarthritis.

Faktor usia memengaruhi kemungkinan seseorang terkena pengapuran tulang atau osteoarthritis. Wanita juga dianggap lebih berisiko mengalami gangguan tulang jenis ini dibandingkan pria. Sayangnya, belum ada penjelasan memuaskan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Pekerjaan seseorang yang memungkinkan sendi mendapat tekanan secara berlebih dalam jangka waktu lama patut diperhatikan. Osteoartritis juga bisa disebabkan oleh cedera akibat pekerjaan, yaitu pekerjaan yang memerlukan erakan berulang-ulang pada sendi tertentu. Cedera sendi akibat berolahraga dan kecelakaan lalu-lintas juga meningkatkan resiko.

Cara Menyembuhkan Pengapuran Tulang

1. Olahraga

Otot bisa kuat dan selalu dalam kondisi sehat adalah karena rajin olahraga, jadi bisa dibayangkan apabila kita kurang olahraga di mana otot sekitar sendi akhirnya berakibat mengalami pengapuran. Sendi akan jauh lebih baik dan selalu berkeadaan stabil dengan olahraga ringan sekalipun.

Bahkan tingkat osteoarthritis yang dialami penderita akan menjadi jauh berkurang dengan melakukan olahraga secara rutin. Namun, perlu diwaspadai juga akan bahaya olahraga yang berlebihan karena ini akan sangat mampu membuat kondisi tubuh menjadi semakin buruk nantinya.

2. Terapi Okupasi

Selain dari terapi fisik, ada pula terapi okupasi yang sangat efektif untuk membantu orang dengan masalah pengapuran tulang. Tujuan dari terapi ini adalah supaya penderita mampu menjalankan kegiatan sehari-harinya tanpa membuat rusaknya sendi menjadi lebih serius. Penderita akan dibantu oleh ahli terapi untuk melakukan aktivitas sehari-hari agar dapat berkegiatan tanpa merasa sakit.

3. Memakai Madu

Ada lagi bahan alami yang bisa Anda peroleh dengan mudah dan berkhasiat sangat tinggi, yakni madu. Carilah madu murni (untuk memperolehnya silakan cari cara membedakan madu asli dan palsu) untuk kemudian Anda minum setiap hari. Entah secara langsung atau dicampur dengan air putih, Anda bisa mengonsumsi serutin mungkin supaya rasa sakit hilang dan pengapuran tulang cepat sembuh.

4. Terapi Fisik

Jika rasa nyeri begitu terasa mengganggu, maka terapi fisik adalah salah satu cara mengatasinya di mana terapi ini biasa juga direkomendasikan oleh dokter. Terapi fisik ini akan meliputi penguatan otot yang akan melatih si pasien atau penderita untuk dapat bergerak dengan lebih baik dan rasa sakitnya berkurang. Ada ahli terapi yang akan membantu sehingga penderita tak perlu khawatir.

5. Memakai Daun Seledri

Seledri biasanya adalah jenis sayuran yang tak begitu digemari, tapi padahal daun seledri merupakan bahan ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Cukup dengan merebusnya, air rebusan daun seledri dapat diminum rutin untuk membuat kondisi tulang serta sendi sembuh secara berangsur.

Tak hanya diminum airnya, Anda pun dapat mengonsumsi daun seledri secara langsung jika tak ingin merasa repot. Rasa nyeri yang mengganggu berasal dari anggota tubuh Anda pun akan sedikit-sedikit menjadi lebih baik apabila mengonsumsinya rutin. Asam urat dan rematik pun diketahui dapat Anda sembuhkan dengan memakai daun seledri ini.

6. Memakai Madu

Ada lagi bahan alami yang bisa Anda peroleh dengan mudah dan berkhasiat sangat tinggi, yakni madu. Carilah madu murni (untuk memperolehnya silakan cari cara membedakan madu asli dan palsu) untuk kemudian Anda minum setiap hari. Entah secara langsung atau dicampur dengan air putih, Anda bisa mengonsumsi serutin mungkin supaya rasa sakit hilang dan pengapuran tulang cepat sembuh.

7. Mengurangi Berat Badan

Tekanan berlebih bisa menjadi pengapuran tulang dan kerusakan sendi tubuh. Ingat juga bahwa pengapuran tulang yang sudah Anda alami mampu menjadi lebih buruk apabila tekanan yang didapat oleh sendi sangat berlebihan. Ini biasanya terjadi pada orang-orang yang mengalami obesitas, sehingga solusinya sudah pasti adalah mengurangi berat badan melalui tips diet sehat.

Itulah sekilas tentang cara mengatasi pengapuran tulang dan sendi di mana Anda bisa memilih untuk mencoba salah satu atau beberapa cara di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *