Cara Mudah Mengobati Encok

Cara mudah mengobati encok,- Encok merupakan penyakit radang pada sendi yang ditandai dengan rasa yang sakit pada daerah sendi secara tiba tiba dan mengakibatkan adanya pembengkakan. Selain encok menyerang organ tubuh daerah lutut, pergelangan kaki, dan tangan namun encok lebih sering menyerang organ tubuh pangkal jempol kaki. Penyakit encok sering terjadi pada malam hari yaitu berupa adanya pembengkakan, kemerahan dan rasa sakit yang luar biasa. Serangan ini bisa berangsur sangat lama mulai dari berminggu – minggu bahkan bisa sampai bertahun – tahun.

Dalam waktu tersebut, orang yang terkena encok akan mengalami demam ringan dan mendadak nafsu makannya berkurang. Lantas, apa yang menjadi penyebab encok ini? Penyakit encok ini biasanya disebabkan oleh adanya pembentukan kristal asam urat pada kulit, persendian, dan juga ginjal.

Secara umum, pasien yang menderita encok ini memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darahnya. Prosesnya, ketika darah “penuh” oleh asam urat, maka asam urat kemudian akan membentuk kristal pada persendian. Hal tersebut akan memicu adanya serangan penyakit encok.

Lalu, apakah encok bisa disembuhkan? Kalau iya, bagaimana cara penyembuhannya? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai aneka makanan yang bisa mengatasi sakit encok Anda secara alami.

Cara Mudah Mengobati Encok

  • Temulawak.
    Temulawak memang sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat berkhasiat.Salah satunya menyembuhkan sakit pinggang.Caranya mudah ambil 1 rimpang temulawak 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari dan 1 genggam daun kumis kucing.Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih lalu disaring.Airnya diminum satu kali sehari sebanyak satu gelas tiap kali minum.
  • Daun sirsak.
    Daun sirsak merupakan obat tradisional yang sedang hangat dibicarakan saat ini karena kemampuannya dalam mencegah kanker.Namun bukan hanya penyakit berat seperti kanker sakit pinggangpun bisa diobati dengan daun sirsak.Caranya ambil 20 lembar daun sirsak kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas.Air rebusan daun sirsak tersebut diminum sekali sehari dengan dosis 3/4 gelas setiap kali minum.
  • Apel
    Selain rasanya yang enak, ternyata apel juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan encok. Apel mengandung malic acid yang diyakini bisa menetralkan asam urat yang menimbulkan encok. Pasien dianjurkan untuk mengonsumsi minimal 1 butir apel per hari.
  • Jus sayuran
    Banyak yang menyarankan bahwa untuk mengatasi sakit encok bisa dengan menggunakan jus sayuran. Jus sayuran disebut-sebut sangat efektif untuk mengatasi penyakit encok. Anda bisa membuat jus sayuran yang terdiri dari wortel, ketimun, dan juga bit yang dijadikan satu dan kemudian diblender. Dalam sehari, minimal Anda harus memenuhi asupan sebanyak 500 ml jus sayuran ini.
  • Jahe
    Cara membuatnya yaitu dengan memotong jahe lalu sedikit diremukan, kemudia direbus dan diberi gula aren alternatif lain bisa menggunakan madu. Minumlah air rebusannya tersebut setiap hari
  • Jahe dan Cengkeh
    Cara pembuatannya yaitu dengan menghaluskan jahe dan cengkeh, kemudian dicampur dan digunakan sebagai obat luar untuk mengurangi rasa sakit.
  • Daun sirih
    Daun sirih adalah ramuan yang bisa kalian pakai untuk mengobati penyakit yang memang disembuhkan dengan daun sirih. Dan obat encok herbal ternyata juga bisa di atasi dengan daun sirih. Yang caranya di tumbuk dan ditambahkan cabe rawit dan air jeruk nipis. Oleskan pada bagian tubuh yang mengalami pengencokkan.

Bagaimanapun, sesungguhnya penyakit itu datang dan perginya tergantung dari pola hidup kita sehari-hari. Penyakit encok bisa dicegah dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang telah dijabarkan diatas secara konsisten dan di saat bersamaan juga menghindari berbagai makanan yang dilarang bagi pasien encok.

Vig Power Capsule:

obat encok di apotik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *