Kenali Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah

Ciri-Ciri-Terkena-Penyakit-Demam-BerdarahKenali ciri ciri penyakit demam berdarah,- Penyakit demam berdarah dengue merupakan suatu penyakit yang umum namun juga harus dan perlu diwaspadai karena komplikasi yang dapat ia bawa sangatlah berbahaya, yaitu berujung pada kematian. meski penyakit dbd lebih sering menyerang kelompok usia anak kecil hingga remaja; orang dewasa pun tetap saja rentan terkena penyakit ini. Virus dengue, virus penyebab dbd, tidak mengenal status sosial, ekonomi dan gender seseorang. Jadi, mengetahui ciri-ciri penyakit demam berdarah sangatlah penting untuk kewaspadaan Anda ddan keluarga terhadap penyakit ini.

Kenali Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya, dan menjadi salah satu momok menakutkan bagi setiap orang. Pasalnya, tidak sedikit penderitanya yang meninggal dunia. Dampak dari virus dengue penyebab demam berdarah dapat menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler serta mengganggu sistem pembekuan darah. Hal inilah yang mengakibatkan penyakit DBD menjadi mematikan, karena bisa mengalami pendarahan.

  • Mendadak panas tinggi selama 2 – 7 hari, tampak lemah lesu suhu badan antara 38ºC sampai 40ºC atau lebih.
  • Tampak binti-bintik merah pada kulit dan jika kulit direnggangkan bintik merah itu tidak hilang.
  • Kadang-kadang perdarahan di hidung (mimisan).
  • Mungkin terjadi muntah darah atau berak darah
  • Tes Torniquet positif
  • Adanya perdarahan yang petekia, akimosis atau purpura
  • Kadang-kadang nyeri ulu hati, karena terjadi perdarahan di lumbung
  • Bila sudah parah, penderita akan merasa gelisah, berkeringat, ujung tangan dan kaki dingin.

Jika gejala demam berdarah nomor 1 dan diikuti oleh 2 ciri-ciri dibawahnya segeralah lakukan tindakan cepat untuk melakukan pencegahan dengan memeriksakan pada dokter atau rumah sakit terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *