Ciri Ciri Penyakit Kanker Payudara Yang Tidak Diketahui

Penyebab kanker payudaraCiri ciri penyakit kanker payudara yang tidak diketahui – Kanker payudara seperti jenis kanker lainnya dimulai dari sebuah sel yang tumbuh dan berkembang biak diluar kendali. Ukuran sel kanker sangat kecil sehingga sangat sulit dideteksi ketika masih berada di tahap awal. Untuk itu ahli medis telah menciptakan sebuah alat bernama Mammogram, alat ini dapat mendeteksi kanker payudara bahkan sebelum penderita merasakan adanya benjolan.

Baca Juga:

Ciri Ciri Penyakit Kanker Payudara Yang Tidak Diketahui

Benjolan pada payudara terbagi atas benjolan jinak dan ganas. Dengan melakukan pemeriksaan Mammogram tahunan maka dapat diketahui jenis benjolan mana saja yang berbahaya sehingga tindakan medis dapat segera diambil. Ciri cri kanker payudara adalah ditemukannya benjolan yang terasa berbeda pada payudara. Jika ditekan, benjolan ini tidak terasa nyeri. Awalnya benjolan ini berukuran kecil, tapi lama kelamaan membesar dan akhirnya melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau puting susu. Berikut ini 15 tanda awal kanker payudara yang harus diwaspadai:

  1. Perubahan Ukuran dan Bentuk Payudara
    Perubahan bentuk dan ukuran ini biasanya terjadi pada salah satu payudara atau kedua-duanya. Misalnya pada perubahan Ukuran dari sebelumnya 34 menjadi 32 dalam ukuran bra. Dalam perubahan bentuk misalnya yang awalnya payudara mancung menjadi terkulai ke bawah.
  2. Berasa Gatal di Puting
    Gatal yang dialamai terjadi dalam skala kecil dan tidak terlalu mengganggu sampai yang cukup mengganggu serta intensitasnya sudah sangat tinggi. Ini juga merupakan salah satu faktor yang menjadi ciri penyakit kanker payudara.
    Selain itu, di kulit payudara juga timbul semacam sisik yang cukup menganggu dan akan terasa sakit jika di kelupas atau dipegang. Jika terjadi ruam di sekitar puting susu sebaiknya berkonsultasi ke dokter terkait.
  3. Keluar Cairan dari Puting secara tib-tiba
    Keluarnya cairan dari puting secara tiba-tiba adalah salah satu gejala terkena kanker payudara. Cairan tersebut biasanya berwarna putih bening agak kental atau encer. Jika cairan yang keluar berwarna coklat kemerahan, ini merupakan sudah tahap kronis. Namun secara garis besarnya, apapun yang keluar dari puting secara tiba-tiba alangkah baiknya diperiksa ke dokter agar diberi perhatian khusus.
  4. Nyeri tidak kunjung hilang di bagian tertentu Payudara
    Mungkin saja payudara akan terasa nyeri ketika mengalami menstruasi ataupun sedang hamil. Namun rasa nyeri itu tidak kunjung hilang dalam waktu yang lama atau setelah selesainya siklus menstruasi.
    Setelah diteliti namun tidak kunjung hilang kemugkinan merupakan gejala kanker payudara yang harus diwaspadai.
  5. Payudara Terlihat Kemerahan dan Bengkak
    Gejala awal kanker payudara dapat terjadi pada perubahan warna kulit, maka sebaiknya diperiksa ke dokter spesialis terkait. Perubahan drastis itu meliputi warna kulit di area payudara secara drastis seperti memerah atau membengkak.
    Warna kemerahan pada kulit payudara itu sendiri biasanya akan terasa hangat bila disentuh dan hanya pada daerah itu saja. Selain benjolan ada juga bengkak yang lunak tidak seperti benjolan umumnya yang keras.
  6. Benjolan disekitar Payudara
    Benjolan di sekitar payudara ini merupakan tanda awal terjadinya kanker. Walaupun tidak sepenuhnya menandakan kanker, tetap harus diwaspadai.
    Tanda benjolan yang mungkin terjadinya kanker antara lain:
  • Benjolan terasa keras
  • Hanya ada satu benjolan
  • Tidak ada benjolan yang samadi payudara sebelahnya
  • Kulit payudara berlesung pipit
  • Benjolan disertai keluarnya cairan

Penyebab Kanker Payudara

Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker payudara. Dokter mengetahui bahwa kanker payudara terjadi ketika beberapa sel payudara mulai berkembang secara tidak normal. Sel-sel tersebut membagi lebih cepat daripada sel pada umumnya. Akumulasi sel ini membentuk tumor yang dapat menyebar pada payudara, jaringan getah bening atau bagian tubuh lain.

Kanker payudara paling sering dimulai pada saluran produksi susu. Dokter menyebut jenis kanker ini cancer invasive ductal carcinoma. Kanker payudara juga dapat dimulai dari lobulus (invasive lobular carcinoma) atau sel pada payudara.

Ilmuan mengidentifikasi hal yang dapat meningkatkan risiko anda memiliki kanker payudara. Tapi tidak jelas apa kenapa beberapa orang tidak memiliki faktor risiko mengalami kanker, sementara orang lain yang memiliki faktor risiko tidak pernah mengalaminya. Sepertinya kanker payudara disebabkan oleh kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan anda.

Pos By: www.vigpower-capsule.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *