Inilah 7 Gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Diwaspadai

Gejala kolesterol tinggi yang nampak adalah adanya benjolan berwarna merah atau yang biasa disebut xanthomas yang biasanya disebabkan oleh adanya kolesterol tinggi. Pada beberapa orang ada juga yang merasakan kesemutan, rasa sakit pada sendi, pusing atau migraik yang sering kambuh. Namun bagaimanapun juga ternyata kolesterol tidak menimbulkan gejala yang spesifik pada kebanyakan kasus.

Gejala Kolesterol TinggiCara terbaik untuk melihat apakah terkena penyakit kolesterol tinggi atau tidak bisa memeriksakan darah ke dokter dengan tes darah di laboratorium. Karena kolesterol tinggi yang tidak terkontrol sangatlah berbahaya dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, stoke bahkan serangan jantung.

Kolesterol dalam darah akan semakin meningkat, hal ini disebabkan oleh adanya asupan makan yang banyak mengandung lemak jenuh dan gaya hidup yang cenderung tidak teratur dan seimbang. Penyumbang kolesterol yang paling tinggi yang telah diolah menjadi bahan makanan tertentu umumnya banyak berasal dari sumber produk hewani, seperti daging, susu dan telur.

Baca Juga: Penyebab Asam Lambung

Tubuh memang memerlukan kolesterol untuk membantu membentuk dinding sel, sebagai bahan dasar dari pembentukan hormon-hormon steroid dan sebagai sumber energi bagi tubuh. Kolesterol secara alami telah dihasilkan oleh tubuh yang berasal dari organ hati yang menyumbang kolesterol hingga 80 % dan 20 % lainnya berasal dari sumber makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Beberapa gejala yang menentukan seseorang mempunyai kadar kolesterol berlebih. Berikut ini gejala kolesterol tinggi yang apabila diabaikan begitu saja dapat menyumbat pembuluh darah dan memicu penyakit jantung.

Gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Diwaspadai

  1. Mati rasa
    Seorang wanita pernah mengeluh bahwa beberapa jari tangannya mengalami mati rasa, dan dirinya menganggap hal tersebut adalah tanda tingginya zat purin penyebab asam urat. Tetapi, setelah berkunjung ke dokter, ternyata mati rasa tersebut adalah dampak sekaligus gejala kolesterol tinggi.
  2. Kelebihan berat badan
    Selain gas, tentu lemak juga ikut menumpuk di daerah perut sebagai efek samping dari terganggunya metabolisme lemak. Dengan begitu, berat badan akan meningkat dan mengakibatkan kegemukan karena sel-sel lemak semakin banyak, bahkan berpotensi terhadap obesitas.
  3. Sering pusing belakang kepala
    Pusing di belakang kepala diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala. Penyumbatan ini terjadi lantaran kolesterol yang mulai membentuk plak di pembuluh darah. Jika dibiarkan maka pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan stroke.
  4. Jantung terasa sakit atau mengalami palpitasi (berdebar-debar)
    Berlebihnya kolesterol akan menghambat sirkulasi darah karena terjadi penyempitan pembuluh darah pada bagian tubuh yang memiliki kolesterol tinggi. Karena aktivitas tersebut akan memberikan sinyal ke jantung untuk bekerja memompa darah lebih keras agar mengalir secara normal. Efek samping yang dirasakan oleh penderita adalah rasa sakit di jantung dan terkadang merasa berdebar-debar seperti orang panik.
  5. Tengkuk dan pundak pegal
    Pegal di tengkuk dan pundak merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah di daerah tersebut. Aliran darah yang tidak lancar juga disebabkan adanya penyumbatan pembuluh dari kolesterol.
  6. Sering kesemutan di tangan dan kaki
    Hampir sama dengan pegal, kesemutan merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar di bagian tubuh tertentu. Kesemutan berhubungan dengan saraf yang tidak mendapat aliran darah.
  7. Lesu disertai migrain
    Meski bukan gejala yang pasti terjadi, tetapi jika dilihat dari pemicunya yaitu terganggunnya proses metabolisme lemak tentu juga berdampak pada sistem pencernaan. Makanan yang dikonsumsi tidak berhasil dicerna dengan baik sehingga menumpuk pada saluran pencernaan. Rasa kenyang yang timbul akan mengirimkan sinyal pada otak untuk tidak menambah asupan dari luar, sehingga muncul lesu dan bahkan disertai migrain karena sebetulnya tubuh dalam keadaan kekurangan energi.

Jika Anda merasakan beberapa gejala kolesterol tinggi di atas sudah sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter untuk mengetahui pasti apa yang sedang tubuh Anda alami. Jika benar bahwa kadar kolesterol jahat Anda lebih tinggi dari HDL, tentu butuh bantuan medis untuk mengatasinya. Dokter juga biasanya memberi saran pada pengidap untuk konsumsi makanan penurun kolesterol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *