Ketahui!! Inilah Gejala dan Penyebab Polip Hidung Yang Harus Diwaspadai

Gejla dan penyebab polip hidung – Polip hidung (polip nasi atau nasal polyp) merupakan pertumbuhan jinak (bukan kanker) dari lapisan mukosa hidung yang berada dalam rongga hidung. Perlu diketahui mukosa merupakan lapisan yang sangat basah (berlendir) yang berfungsi melindungi bagian dalam hidung dan sinus serta melembabkan udara yang kita hirup sebelum masuk ke paru-paru.

polip-hidungPertumbuhan jaringan mukosa yang berlebihan pada polip hidung terjadi akibat adanya peradangan yang berkepanjangan baik itu karena infeksi ataupun reaksi alergi, akibatnya mukosa hidung menjadi bengkak dan merah, serta dapat menghasilkan cairan yang menetes keluar (hidung meler ingusan). Iritasi pada mukosa yang berkelanjutan, dapat membentuk polip. Secara umum polip merupakan pertumbuhan dengan ujung berbentuk bulat, karena letaknya di hidung maka polip hidung dapat menyebabkan hidung tersumbat.

Ketahui Inilah Gejla dan Penyebab Polip Hidung Yang Harus Diwaspadai

Gejala Polip Hidung

Pada awalanya, mungkin seseorang yang memiliki polip tidak merasakan apa-apa lantaran polip hidungnya masih kecil, namun seiring berjalannya waktu polip makin membesar dan gejala pun mulai dirasakan. Bahkan Polip dapat tumbuh cukup besar sehingga dapat membuat hidung tersumbat yang berkepanjangan. Secara lebih lengkap, berikut Gejala polip hidung yang dapat muncul:

  • Sumbatan pada hidung (seperti ada yang menghalangi dan mengganjal) baca: Hidung Tersumbat
  • Hidung meler, ingusan, pilek
  • Postnasal drip (lendir yang berlebihan dari hidung mengalir ke tenggorokan bagian belakang terutama saat berbaring terlantang)
  • Penciuman berkurang
  • Napas lewat mulut, karena hidung tersumbat
  • Rasa Tertekanan atau nyeri pada dahi atau wajah (terjadi jika disertai sinusitis)
  • Mendengkur

Penyebab Polip Hidung

Lalu apa saja faktor penyebab yang memicu timbulnya polip hidung? Faktor pemicu yang seringkali dapat menyebabkan polip hidung antara lain:

  • Infeksi kronis pada sinus (sinusitis)
  • Rhinitis alergi (hay fever)
  • Asma
  • Cystic fibrosis
  • Sindrom Churg-Strauss
  • Sensitivitas NSAID (respon alergi terhadap obat anti-nyeri seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dll)

Ciri-ciri Polip Hidung

Penderita polip hidung biasanya bisa dideteksi dari ciri-ciri yang biasanya nampak dan dialami oleh penderitanya. Diantara ciri-ciri penyakit poli hidung yang dapat dikenali antara lain:

  1. Sering merasakan sakit kepala berkepanjangan
  2. Hidung menjadi mampet
  3. Gatal-gatal pada rongga hidung
  4. Suara menjadi bindeng
  5. Menurunnya indera penciuman
  6. Pilek yang terjadi dan berlangsung secara berkepanjangan dan tak kunjung sembuh

Untuk pengobatannya sendiri bisa dengan melakukan perawatan medis baik dengan obat atau dengan operasi apabila parah. Pengobatan secara alami dengan bahan herbal tradisional bisa juga dijadikan alternative untuk mengobati penyakit polip. Menjaga pola hidup yang sehat seperti makan makanan yang bergizi, menghentikan kebiasaan mengkonsumsi hal-hal yang tidak sehat, berolahraga dengan teratur dan juga istirahat yang cukup agar terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan termasuk penyakit polip hidung.

Vig Power Capsule:

penyebab polip hidung membesar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *