Awas!! Inilah 6 Makanan Penyebab Asam Urat Yang Harus Dihindari

Makan penyebab asam urat – Asam urat merupakan peradangan yang menyakitkan pada sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Jempol kaki adalah target yang paling umum, tetapi asam urat juga dapat menyerang kaki, pergelangan kaki, lutut, dan tangan. Sebuah serangan asam urat dapat berlangsung selama berhari-hari atau berbulan-bulan. Pria dan orang gemuk beresiko lebih besar.

Makan penyebab asam uratMemiliki asam urat memang menyiksa. Disaat asam urat kambuh, maka rasa sakitnya bisa terasa selama dua puluh empat jam atau seharian penuh. Salah satu tips menghindarinya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan penyebab asam urat yang tinggi akan kandungan zat purin yang menjadi pemicu penyakit sendi ini.

Makanan yang banyak mengandung purin biasa terdapat pada daging hewan bagian otak, hati, ginjal, kaldu, dan jantung. Beberapa makanan laut seperti ikan makarel, ikan sarden, dan kerang-kerangan juga tinggi kandungan purin. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihat makanan apa saja yang dapat menyebabkan asam urat berikut ini.

Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

  1. Jeroan Sapi
    Jeroan sapi mengandung protein, mineral, dan vitamin yang diperlukan tubuh untuk menjaga stabilitas kinerja organ di dalamnya. Tetapi pada jeroan tersimpan banyak lemak jenuh dan kolesterol yang dapat membawa penyakit jantung. Makan sedikit jeroan tidak akan berbahaya bagi tubuh. Tetapi ada baiknya Anda tidak terlalu sering makan jeroan karena purin pada jeroan juga tinggi, bila dikonsumsi berlebihan bisa menaikkan kadar asam urat.
  2. Hati Sapi
    Seperti disebutkan di awal, hati sapi adalah satu bagian hewan yang layak konsumsi, tetapi tidak baik untuk kesehatan apabila frekuensi dalam mengonsumsinya terlalu sering. Hati sapi diketahui mengandung vitamin A dan B12, tetapi makanan ini menjadi pantangan untuk penderita kolesterol dan asam urat.
  3. Dada Ayam
    Pada dada ayam, apalagi bila dimakan bersamaan dengan kulitnya, bisa memasok zat purin sekitar 180 mg per 100 gramnya. Tubuh hanya memerlukan 15% zat purin dari makanan, jadi bijaklah dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi.
  4. Hati Ayam
    Terdapat kandungan kolesterol yang tinggi pada hati ayam sehingga menyebabkan penyakit asam urat dan jantung. Selain itu didalam hati ayam terkandung bakteri campylobacter. Untuk menghindari tubuh tercemar bakteri tersebut dianjurkan agar proses masaknya dilakukan sampai matang.
  5. Kalkun
    Kalkun memiliki kadar asam urat yang tinggi dibandingkan jenis makanan lainnya, oleh karena itu tidak disarankan membatasi frekuensi makan daging kalkun.
  6. Ikan
    Ikan teri, tuna dan ikan asin. Memang ada beberapa jenis makanan laut dapat dimakan sesekali, namun khusus untuk ikan teri, tuna dan ikan asin harus dihindari sepenuhnya. Di sisi lain, udang, lobster, belut, dan kepiting relatif aman, kata Scott Zashin, MD, seorang rheumatologist dan profesor klinis kedokteran di UT Southwestern.

Jadi sekarang Anda bisa menyusun menu diet rendah purin, pastikan untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai daftar makanan penyebab asam urat di atas. Sebagian di antaranya ada yang diperbolehkan untuk dimakan karena jumlah purinnya tidak sampai angka ribuan per 3.5 ons-nya, namun ada pula yang melebihi jumlah tersebut dan patutlah dihindari karena sangat berbahaya untuk tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *