Jangan Dianggap Sepele!! Inilah Makan Yang Membuat Tekanan Darah Tinggi Anda Naik

Makanan penyebab darah tinggi – Makanan penyebab darah tinggi adalah pembahasan kita kali ini. Anda mungkin tahu sekilas tentang penyakit hipertensi atau naiknya tekanan darah di dalam tubuh. Menurut medis, penyakit tekanan darah tinggi kerap disebut sebagai “silent killer” atau “pembunuh diam-diam”, karena untuk mendeteksinya hanya bisa diketahui dengan mengukur tekanan darah Anda.

makanan-penyebab-darah-tinggi1Tekanan darah tinggi yang terus naik sangat berbahaya dan membawa dampak serius pada kesehatan. Bila dibiarkan, maka akan terjadi komplikasi atau meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Gejala dari hipertensi hanya akan muncul bila tekanan darah sudah sangat tinggi.

Berbahaya sekali penyakit ini. Oleh karena itu, Anda harus tahu juga mengenai penyebabnya. Penyebab dari tekanan darah tinggi meningkat kebanyakan berasal dari makanan yang dikonsumsi setiap hari dan pola hidup yang membuat jantung bekerja lebih berat dari biasanya untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Selama ini banyak yang mengira kalau penyebab dari hipertensi adalah keseringan emosi. Tidak jarang yang mengatakan seperti ini bila melihat orang lain marah: “Kamu marah-marah terus, hipertensi ya?” atau “Jangan suka marah, nanti darah tinggi, lho!”. Padahal darah tinggi tidak selalu dipicu oleh tidak terkontrolnya emosi, melainkan juga dari faktor makanan yang dikonsumsi saban hari.

Jangan Dianggap Sepele!! Inilah Makan Yang Membuat Tekanan Darah Tinggi Anda Naik

Memang tak bisa dipungkiri bahwa pola hidup seseorang akan menentukan sehat atau tidaknya orang tersebut. Tak terkecuali risiko tekanan darah tinggi yang ternyata juga bisa disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat, terutama dari faktor makanan yang dikonsumsi. Konsumsi makanan sehari-hari yang sembarangan, perlahan-lahan bisa menggerogoti kesehatan Anda, termasuk bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. So, untuk membuat Anda lebih waspada, berikut ini kami akan jelaskan beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari karena bisa mengakibatkan darah tinggi.

  1. Garam
    Bagi Anda penderita darah tinggi, Anda juga disarankan untuk mengurangi atau menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung terlalu banya garam. Saat memasak usahakan juga tidak menggunakan garam atau penyedap rasa lainnya karena justru akan menjadi salah satu makanan penyebab darah tinggi. Dalam sehari batasi saja konsumsi garam maksimal 6 gram. Kalau tidak, mungkin bisa saja tekanan darah tinggi Anda kondisinya semakin memburuk. Garam bisa membuat ginjal menahan cairan di dalam tubuh, sehingga hal tersebut akan berpengaruh bagi jantung yang akan bekerja lebih cepat.
  2. Gula
    Selain makanan yang mengandung kolesterol dan lemak, jenis makanan yang mengandung gula juga seharusnya Anda hindari. Bagi Anda yang belum menderita darah tinggi pun sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi akanan manis atau yang mengandung gula. Sebut saja, soda, permen, es krim, dan sebagainya. Jenis makan ini diketahui akan membuat Anda menjadi kelebihan berat badan atau yang juga sering disebut dengan obesitas. Dan kita ketahui bersama bahwa obesitas bisa membuat Anda lebih berisiko mengalami darah tinggi.
  3. Makanan yang banyak lemak
    Sudah kita ketahui, makanan yang banyak mengandung lemak memang sangat berbahaya bagi kesehatan. Asupan lemak yang berlebih pada tubuh bisa menyebabkan obesitas yang akhirnya menyebabkan komplikasi berbagai penyakit. Salah satu jenis penyakit yang bisa disebabkan akibat obesitas yaitu hipertensi akibat naiknya tekanan darah. Ketika tubuh semakin gemuk, maka lemak dapat menghambat pembuluh darah, akibatnya pembuluh darah semakin sempit dan tekanan darah menjadi naik.
  4. Buah-buahan dan sayuran kalengan
    Untuk menghindari kenaikan tekanan darah, cobalah untuk membatasi mengkonsumsi makanan kalengan. Air garam biasa digunakan untuk mengawetkan sayuran kalengan. Pastikan untuk membilas sayuran terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan garam tambahan. Mendidihkan sayuran asin atau brined selama setidaknya 10 menit sebelum dikonsumsi akan membantu untuk mengurangi asupan natrium. Buah kalengan juga biasanya di asam dan di garam sodium dari senyawa yang berbeda. Buah kalengan ini juga terbukti menyimpan natrium .
  5. Minuman beralkohol
    Alkohol dapat merusak dinding arteri, sehingga menimbulkan pengerasan arteri(arteriosklerosis) yang dapat menyempitkan pembuluh darah. Sehingga ini menyebabkan peningkatan tekanan darah yang mengalir dalam pembuluh darah penyebab hipertensi.
  6. Makanan mengandung Kafein
    Kafein adalah stimulan yang bisa menimbulkan lonjakan tekanan darah. Kurangi asupan banyak kafein dari minum kopi, atau minuman ringan lainnya yang ditambah kafein. Kafein akan bekerja sebagai vasokonstriktor, yakni mempersempit arteri dan meningkatkan tekanan aliran darah. Batasi asupan kopi, tak lebih dari 2 cangkir dalam satu hari.

Itulah beberapa daftar menu dan jenis makanan pantangan penderita darah tinggi yang sebaiknya di hindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *