Makanan Untuk Mengatasi Darah Rendah

Makanan untuk mengatasi darah rendah – Menurut penelitian yang banyak dilakukan, orang dengan tekanan darah yang rendah memiliki keuntungan yang lebih daripada mereka yang mempunyai tekanan darah yang lebih tinggi. Namun, tetap saja gejala darah rendah yang sering muncul dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas sehari-hari. Maka, makanan untuk darah rendah merupakan salah satu alternatif untuk menaikkan tekanan darah Anda.

Orang dikatakan mengalami tekanan darah rendah jika tekanan sistolik (angka atas dalam pembacaan tekanan darah) kurang dari 90 mmHg atau nilai tekanan diastolik (angka bawah dalam pembacaan tekanan darah) kurang dari 60 mmHg.

Orang yang menderita tekanan darah rendah biasanya akan menimbulkan gejala badan terasa lemah, letih. Lesu, sering merasa pusing, merasakan dingin pada tubuh, sering merasa mengantuk, merasa haus yang berkepanjangan, mual/muntah, dan wajah terlihat pucat. Pada beberapa kasus, ada orang yang tidak merasakan gejala apa pun ketika mengalami darah rendah. Hal ini karena sistem sirkulasi darahnya sudah terkondisikan sejak lama. Pada kondisi ini tentunya tidak menimbulkan bahaya. Tetapi pada kasus-kasus dimana penurunan tekanan darah terjadi dalam waktu yang cepat/singkat, maka seseorang tersebut akan mengalami gejala serius dalam tubuhnya sehingga harus segera diatasi.

Untuk mengatasi tekanan darah rendah, langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan memilih cara yang lebih alami, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat.

Makanan Untuk Mengatasi Darah Rendah

  • Bayam
    Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Mineral yang seimbang pada bayam ini sangat berguna untuk tekanan darah rendah. Selain itu, folat pada bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian akan menjaga aliran darah yang lancar.
  • Air mineral
    Dehidrasi terjadi ketika jumlah cairan di dalam tubuh berkurang dan tidak digantikan. Mengurangi jumlah cairan kedalam tubuh juga akan mempengaruhi nilai tekanan darah, maka salah satu cara untuk meningkatkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi air. Minum air putih yang cukup adalah sekitar 8 sampai 10 gelas per hari untuk orang dewasa. Atau minta petunjuk dokter, berapa air putih yang anda butuhkan setiap hari.
  • Ayam
    Daging ayam mengandung protein hewani yang diyakini dapat meningkatkan tekanan darah. Alasannya? Karena tubuh membutuhkan protein untuk membangun sel, termasuk sel-sel di dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang lemah dan tekanan akan mempengaruhi aliran darah ke seluruh tubuh.
  • Kacang-kacangan
    Penelitian di Harvard Heart Letter merekomendasikan makan kacang untuk darah rendah, karena dapat meningkatkan tekanan darah. Kacang akan dicerna perlahan oleh sistem pencernaan. Inilah yang membuat tekanan darah Anda menjadi naik. Jadi, jangan lupa untuk menyertakan kacang-kacangan, lentil, kacang polong, dan kacang hijau ke dalam menu harian Anda.
  • Roti, oatmeal, dan sereal
    Makanan-makanan ini menyediakan zat besi sebanyak 20 persen jika Anda makan setiap hari. Gandum akan membuat tubuh mejadi lebih sehat, sehingga perlu dimasukkan dalam daftar diet Anda. Gandum juga banyak mengandung zat besi untuk mengurangi risiko terkena tekanan darah rendah.

Jika tekanan darah yang Anda derita belum membaik ketika telah mengatasinya dengan tips-tips diatas, mungkin sebaiknya anda datang kedokter untuk melakukan cek-up. Bisa jadi darah tinggi akut yang tak kunjung membaik adalah karena pengaruh penyakit lain yang sangat membutuhkan penanganan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *