Makanan Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat

Makanan yang baik untuk penderita asam urat,- Asam urat muncul akibat beberapa faktor, misalnya konsumsi obat-obatan tertentu, obesitas, hipertensi, diabetes, proses kemoterapy.

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Asam UratFaktor utama yang sering menyebabkan asam urat adalah konsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung zat purin. Padahal hampir semua jenis makanan yang dikonsumsi oleh manusia mengandung zat purin, hal ini tentu saja cukup menyulitkan penderita asam urat untuk menseleksi jenis makanan yang aman untuk mereka konsumsi.

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat

  1. Buah Apel. Pepatah lama mengatakan bahwa mengkonsumsi 1 buah apel setiap hari dapat menjauhkan kita dari penyakit. Pepatah ini ada benarnya, karena apel memang memiliki multi manfaat untuk kesehatan. Termasuk di antara manfaat apel untuk kesehatan adalah berkhasiat menetralkan asam urat. Kandungan asam malat di dalam apel memberikan khasiat tersebut. Apel baik dikonsumsi langsung atau diproses menjadi cuka sari apel. Cuka sari apel yang tidak mengalami proses penyulingan justru yang paling baik dalam menetralkan asam urat dalam darah.
  2. Buah Manggis. Buah manggis kaya akan antioksidan, vitamin, potassium, dan segala zat yang bermanfaat untuk melawan penyakit yang menyerang tubuh sekaligus melindungi sel-sel tubuh. Tidak hanya buahnya, kulit manggis juga mengandung xanthone yang berkhasiat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Oleh karena itu, buah manggis tidak hanya manjur melawan penyakit asam urat, namun juga membantu mengatasi penyakit lainnya.
  3. Buah Jeruk Nipis dan Aneka Buah yang Kaya Vitamin C. Jeruk nipis berkhasiat menurunkan asam urat karena kandungan asam sitrat di dalamnya. Asam sitrat mampu melarutkan kelebihan asam urat secara alami. Selain itu, aneka buah yang kaya vitamin C lainnya juga dapat mengurangi kelebihan kadar asam urat dalam tubuh karena memperlancar pembuangan zat-zat berlebih/sisa metabolisme dari dalam tubuh manusia. Buah-buahan yang kaya vitamin C contohnya adalah jambu biji, lemon dan jeruk, buah kiwi, tomat, dan sebagainya.
  4. Buah Alpukat. Buah alpukat dikenal sebagai buah yang mampu meningkatkan kadar basa dalam darah. Oleh karenanya, mengkonsumsi buah alpukat dapat memerangi kadar asam urat yang berlebih. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang sehat. Sehingga, dapat menghancurkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.
  5. Buah Cherry/Ceri. Buah cherry mengandung antosianin yang dapat mengurangi kadar asam urat. Selain itu, berfungsi sebagai anti inflamasi yang berguna meredakan peradangan yang dialami penderita asam urat. Penderita asam urat sangat dianjurkan mengkonsumsi buah cherry setiap hari secara teratur.
  6. Buah Pisang. Sama seperti buah cherry, buah pisang juga dikenal akan manfaatnya dalam mengurangi asam urat. Hal ini disebabkan karena pisang mengandung kadar gula yang rendah, alkali, dan kalium yang mampu menurunkan kadar asam urat. Buah pisang juga dapat meringankan peradangan sendi akibat kadar asam urat yang menumpuk.
  7. Buah Nanas dan Melon. Buah nanas dan melon sering dipasangkan untuk menyembuhkan asam urat. Keduanya bisa dijus dan dikonsumsi rutin sehingga kadar asam urat bisa berkurang.
  8. Buah Sirsak. Buah sirsak kaya manfaat mengandung serat, kalium, vitamin C, fosfor, dan kalsium. Oleh karena itu, buah sirsak dapat membantu mengatasi penyakit asam urat. Apabila orang sehat mempunyai kebiasaan mengkonsumsi buah sirsak, maka ia akan terhindar dari resiko mempunyai penyakit asam urat.

Masih banyak jenis buah-buahan lainnya yang baik dan disarankan untuk penderita asam urat.Selain konsumsi buah untuk menurunkan asam urat kami merekomendasi konsumsi produk herbal dari tiens.

http://www.vigpower-capsule.web.id/

Vig Power Capsule:

buah yang aman bagi penderita asam urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *