Inilah Pantangan Asam Urat dan Rematik yang Wajib Anda Ketahui

Inilah Pantangan Asam Urat dan Rematik yang Wajib Anda KetahuiInilah Pantangan Asam Urat dan Rematik yang Wajib Anda Ketahui – Kedua penyakit ini memang kerap sekali dikaitkan, sering kali gejala yang timbul akibatnya mengganggu kenyamanan dan aktifitas sehari-hari. Keluhan yang timbul pada penderitanya beragam mulai dari merasa nyeri ngilu, kaku, bengkak bahkan ada yang sampai kesulitan menggerakan anggota tubuhnya.

Biasanya penyakit ini banyak dialami oleh seseorang yang sudah dalam usia lanjut dimana sendi telah mengalami penurunan fungsi. Sebelum kita membahas mengenai pantangan asam urat adn rematik ada baiknya kita mrngrtahui terlebih dahulu, sebenarnya apa sih asam urat dan rematik itu ? Lalu apa penyebabnya ? Simak penjelasannya dibawah berikut ini

Perbedaan Asam Urat dan Rematik 

Sampai saat ini masih banyak dikalangan umum yang berfikir bahwa penyakit asam urat dengan rematik itu sama, padahal keduanya memiliki perbedaan. Memang benar keduanya memiliki kemiripan. Penyakit rematik dapat dikatakan melingkupi sekaligus mempengaruhi beberapa gangguan dalam tubuh sedangkan asam urat ini menjadi salah satu bagian dari penyakit rematik.
Perbedaan Asam urat dan Rematik Penyakit asam urat diakibatkan oleh adanya penumpukan zat purin yang berlebih sehingga kadar asam urat mengkristal didaaerah persendian. Sedangkan penyakit rematik ini sendiri disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya faktor usia. Gejala yang ditimbulkan pun berbeda penyakit asam urat menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian atau titik tertentu pada persendian sedangkan rematik pada umumnya menyerang lebih luas pada bagian tubuh, seperti pada pinggang, bahu, leher serta persendian lainnya. Untuk dari itu pola gaya hidup yang sehat nan baik salah satu nya memilih jenis makanan sangat berperan penting sekali untuk mengontrol penyakit ini.

Inilah Pantangan Asam Urat dan Rematik yang Wajib Anda Ketahui

inilah-pantangan-asam-urat-dan-rematik-yang-wajib-anda-ketahui1

Memilih jenis makanan yang sehat nan baik memiliki peran yang sanagt penting sekali untuk mengontrol penyakit ini, berikut dibawah ini jenis makanan yang sebaiknya di hindari oleh penderita asam urat dan rematik :

  1. Seafood
    Ada berbagai jenis seafood yang bisa menjadi pemicu muncunya gejala rematik di dalam tubuh seseorang. Seafood yang harus dihindari adalah berbagai jenis kepiting dan udang. Meski rasanya manis, kepiting dan udang ini sebaiknya tidak dikonsumsi bagi orang yang mengalami asam urat dan rematik.
  2. Daging Merah
    Daging memang sangat digemari oleh semua jenis kalangan, namun perlu diperhatikan bagi penderita rematik dan asam urat sebaiknya menghindarinya, mengapa demikian? Karena daging merah memiliki xat purin yang tinggi, selain itu juga daging sapi mengandung lemak jenuh yang tinggi. Maka dari itu hindari mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi, kambing bahkan daging bebek sekalipun.
  3. Jeroan
    Makanan yang satu ini mengandung zat lemak jenuh tinggi sehingga sangat tida baik dikonsumsi bagi penderita rematik dan asam urat, jadi sebaiknya hindari makanan jeroan seperti : usus, hati, ampela, otak, jantung dan jeroan lainnya.
  4. Makanan kalengan
    Makanan yang super instan ini memang sangat mudah sekali didapat, teknologi pangan yang semakin maju membuat penyimpanan makanan pun semakin bertamabh maju. Namun sayangnya makanan kalengan ini mengandung zat purin yang tinggi sehingga sanagt tidak baik di konsumsi secara terus menerus apalagi bagi penderita rematik dan asam urat sebaiknya di hindari
  5. Kafein
    Orang yang mengalami rematik dan asam urat pun tidak boleh mengkonsumsi kopi berlebihan. Alasannya adalah kopi bisa menghilangkan berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh penderita rematik. Sehingga orang yang mengalami rematik akan kekurangan nutrisi, kurangnya nutrisi itu bisa menjadi penyebab gejala rematik menjadi muncul dan kambuh
  6. Alkohol
    Minuman yang satu ini bukan hanya saja tidak baik untuk penderita rematik dan asam urat namun untuk kesehatan pun sebenarnya sangat tidak baik sekali. Kadar gula tinggi didalamnya dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes, selain itu juga zat purin yang tinggi dapat menyebabkan radang sendi pada orang yang mengalami rematik
  7. Sayuran
    Sayuran hijau memang sehat bagi kesehatan tubuh, namun sayang bagi orang dewasa lanjut apalagi penderita rematik dan asam urat sangat tidak baik. Alasannya karena didalam sayuran terdapat zat purin yang tinggi, sebaiknya anda menghindarinya seperti : Bayam, jamur, kembang kol, kangkung dan sawi.

Nah itulah beberapa pantangan yang wajib di hindari bagi penderita asam urat dan rematik, selain itu juga baca Makanan yang baik untuk penderita asam urat. Semoga informasi artikel mengenai Inilah pantangan asam urat dan rematik yang wajib anda ketahui  bisa menjadi sarana kebaikan untuk kesehatan anda semua

Vig Power Capsule:

Pantangan asam urat/rematik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *