Pantangan Bagi Penderita Asam Urat Dan Kolesterol

Pantangan bagi penderita asam urat dan kolesterol,- Angka kolesterol dan asam urat yang tinggi sering menjadi keluhan terutama orang tua atau lanjut usia. Biasanya orang tua merasa sangat tidak nyaman karena kolesterol dan asam urat yang tinggi karena tubuh menjadi lebih lemah.

Pantangan bagi penderita asam urat dan kolesterolKolesterol juga bisa meningkatkan beberapa resiko penyakit seperti beberapa jenis penyakit jantung, stroke, diabetes dan tekanan darah tinggi. Sementara asam urat yang tinggi juga berhubungan dengan pembentukan kristal di dalam ginjal sehingga mengurangi fungsi ginjal. Jadi kolesterol dan asam urat yang tinggi selalu bisa menimbulkan dampak penyakit komplikasi. Ada berbagai penyebab kolesterol tinggi yang benar-benar bisa membuat kesehatan tubuh menurun. Pantangan bagi penderita asam urat dan kolesterol

Pantangan Bagi Penderita Asam Urat Dan Kolesterol

  1. Makanan kaya akan lemak dan protein
    Penderita asam urat dan kolesterol sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan yang kaya akan protein dan kadar lemaknya. Karena protein tinggi bisa meningkatkan zat purin yang memicu tingginya asam urat dalam tubuh. Selain itu, makanan berlemak tinggi juga bisa memicu meningkatnya asam urat dalam tubuh.
  2. Sayuran peningkat zat purin
    Penderita asam urat sebaiknya menghindari beberapa sayuran yang bisa meningkatkan zat purin dalam tubuh, seperti bayam, kangkung, kembang kol, buncis, asparagus, jamur kuping, daun pepaya dan daun singkong.
  3. Makanan gorengan
    Gorengan termasuk ke dalam makanan yang mengandung kadar lemak tinggi. Apalagi minyak yang digunakan merupakan sejenis lemak jenuh yang dapat mempercepat tingginya kadar kolesterol dalam darah. Selain memicu asam urat dan kolesterol, gorengan juga dapat meningkatkan resiko penyakit kronis lainnya termasuk penyakit kardiovaskuler.
  4. Seafood
    Bagi penderita asam urat dan kolesterol, sebaiknya menghindari makanan sejenis seafood atau makanan laut, yang diantaranya kerang, udang, cumi, kepiting, ikan sarden, remis dan lain sebagainya. Kandungan protein pada makanan ini tergolong cukup tinggi sehingga sangat mudah memicu terjadinya penyakit asam urat tinggi.
  5. Daging jeroan
    Daging jeroan juga sangat dilarang bagi penderita kedua jenis penyakit ini. Contoh jeroan yang tidak diperbolehkan adalah limpa, ginjal, usus, babat, otak dan juga paru.

Beberapa makanan diatas merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita koleseterol ataupun asam urat. Pencegahan harus bisa Anda lakukan sedini mungkin agar terhindar dari kolesterol. Meskipun penyakit ini tampak biasa, faktanya sudah banyak yang menderita karena penyakit berbahaya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *