Pantangan Bagi Penderita Kanker Payudara

Pantangan bagi penderita kanker payudara – Pada umumnya penyakit kanker payudara lebih sering ditemukan pada pasien dari keluarga yang memiliki riwayat penderita penyakit kanker payudara. Faktor resiko lainnya adalah gangguan hormonal (esterogen maupun androgen) yang menyebabkan terhambat menopause, dan periode menstruasi yang lama. Estrogen merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit kanker payudara. Selain itu, perubahan gaya hidup modern dapat pula menyebabkan terjadinya penyakit kanker payudara pada usia yang sangat muda.

Pantangan Bagi Penderita Kanker PayudaraMelihat semakin meningkatnya penderita kanker payudara tentu hal itu membuat resah banyak wanita di dunia. Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) memperkirakan bahwa pada tahun 2020 jumlah kasus menderita kanker payudara akan melonjal pada angka kekhawatiran dan satu dari delapan wanita penderita akan beresiko kematian setiap harinya. Maka dari itu sebagai wanita mulai dari sekarang harus lebih meningkatkan perhatian terhadap segala makanan yang akan dikonsumsi untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut. Bukan hanya itu saja makanan juga sangat penting bagi proses pemulihan bagi penderita kanker payudara.

Baca Juga:

Berdasarkan data, penyakit kanker payudara diberitakan sebagai salah satu penyakit kanker yang menyebabkan kematian nomor lima (5) setelah penyakit kaker paru, kanker rahim, kanker hati dan penyakit kanker usus. Penyakit kanker payudara merupakan kanker pada jaringan payudara. Selain dengan melakukan pengobatan, agar proses penyembuhan kanker payudara lebih efektif alangkah baiknya penderita menghindari beberapa makanan pantangan kanker payudara sebagai berikut :

Pantangan Bagi Penderita Kanker Payudara

  1. Buah-buahan
    Kandungan antioksidan di dalam buah dapat membantu menangkal radikal bebas yang fungsinya untuk mencegah terbentuknya sel kanker. Selain itu ia akan membantu pemulihan tubuh agar
  2. Daging
    Makanan yang menjadi pantangan bagi penderita tumor payudara salah satunya adalah daging hewan kaki empat (sapi, kerbau, kambing,) dan daging unggas (ayam negeri, bebek, kalkun). Daging hewan kaki empat dapat memfasilitasi pertumbuhan sel yang tidak normal. Sedangkan daging unggas biasanya mengandung obat-obatan kimia atau hormon yang disuntikkan untuk memicu pertumbuhannya. Hormon pertumbuhan ini dapat memicu perkembangan sel kanker. Makanan laut seperti cumi, udang, kepiting kerang harus dikurangi, karena memiliki kandungan lemak tinggi yang dapat merangsang berkembangnya sel kanker.
  3. Sayuran
    Beberapa jenis sayur dan buah juga merupakan makanan pantangan bagi penderita tumor payudara. Tauge, sawi putih, dan kangkung merupakan sayuran yang dipantang oleh penderita tumor payudara. Tauge mengandung zat yang mendorong pertumbuhan sel kanker, sawi putih dan kangkung mengurangi efektivitas kerja obat, sedangkan cabai merangsang aktivitas bawah sadar sehingga menurunkan jumlah oksigen dalam tubuh. Sedangkan beberapa jenis buah-buahan seperti durian, lengkeng, nangka, duku, nanas dan anggur apabila sangat matang akan menghasilkan alkohol yang dapat merangsang berkembangnya sel kanker.
  4. Minuman Beralkohol
    Minuman alkohol juga salah satu minuman yang tidak boleh dikonsumsi penderita kanker payudara, dan tidak itu saja penderita kanker payudara juga tidak dibolehkan untuk minum minuman berkarbonasi atau minuman soda, kemudian minuman yang mengandung kafein juga tidak dibenarkan.
  5. Hindari
    Bagi anda yang hobi mengkonsumsi makanan gorengan seperti tahu, bakwan, dan tempe maka mulai dari sekarang sebaiknya jangan konsumsi makanan tersebut. Sebab makanan seperti bakwan tahu tempe diproses dengan cara digoreng menggunakan minyak secara berulang ulang sehingga menimbulkan zat karsinogen yang dapat memicu kanker dalam tubuh.
  6. Makanan yang diawetkan
    Termasuk ikan asin dan makanan kaleng, juga merupakan makanan yang harus dipantang. Makanan awetan mengandung senyawa pengawet yang bisa bersifat karsinogenik. Sedangkan ikan asin yang diolah dari bahan yang tidak segar akan mengalami penguraian dan menjadi bahan alergen yang mengundang reaksi imunitas, dan dapat menyebabkan reaksi pada bagian tubuh yang terkena tumor. Ikan asin juga sering diolah menggunakan formalin yang bersifat racun, dan dapat memicu tumor yang semula jinak menjadi kanker. Makanan yang berulang kali dibakar, dipanggang dan digoreng berulang-ulang juga mengandung senyawa karsinogenik yang dapat memicu tumor menjadi kanker.

Demikian informasi mengenai pantangan makanan bagi penderita kanker payudara yang dapat kami bagikan. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu Anda. Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa di artikel kami berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *