Penyebab Asam Urat Dan Kolesterol Tinggi

Penyebab asam urat dan kolesterol tinggi,- Penyakit asam urat dan juga kolesterol tidak selalu bisa diobati dengan menggunakan obat-obatan dari bahan kimia. Dengan menggunakan obat dari bahan alami dan juga tradisional juga bisa menyembuhkan penyakit asam urat dan juga kolesterol. Mengetahui gejala tersebut sejak dini tentu bisa membantu para penderita penyakit ini untuk lebih cepat melakukan perawatan ataupun proses pengobatan bila diperlukan sebelum penyakitnya menjadi lebih parah. Akan tetapi sangat disayangkan bahwa pengetahuan masyarakat terutama masyarakat awam mengenai gejala dua jenis penyakit tersebut masih sangat minim.

Asam Urat Dan Kolesterol TinggiHal inilah yang membuat banyak orang tidak bisa melakukan pencegahan atau pengobatan sejak dini untuk menghindari penyakit tersebut menjadi lebih parah. Sebenarnya ada banyak gejala-gejala yang bisa diketahui oleh masyarakat agar bisa lebih waspada terhadap dua jenis penyakit tersebut. Ada juga beberapa jenis obat tradisional yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kolesterol dan asam urat. Dan pada artikel kali ini, kami akan membagikan sedikit informasi mengenai Penyebab asam urat dan kolesterol tinggi.

Penyebab Asam Urat Dan Kolesterol Tinggi

  1. Penyebab asam urat
    Penumpukan asam urat di dalam sendi adalah penyebab penyakit asam urat. Asam urat merupakan limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar asam urat dibuang melalui ginjal dalam bentuk urine dan sebagian kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

    Ada beberapa faktor Penyebab naiknya kadar asam urat di dalam darah, salah satunya adalah makanan berzat purin tinggi yang kita konsumsi. Contoh-contoh makanan tersebut adalah jeroan hewan (ginjal, hati, jantung), hidangan laut (kerang-kerangan, kepiting, ikan teri, ikan makarel), dan daging merah (sapi, kambing, kerbau).

    Risiko terkena penyakit asam urat juga tinggi bagi orang-orang yang sedang menjalani pengobatan menggunakan obat-obatan jenis tertentu, misalnya niacin, aspirin, obat penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitor), obat penghambat beta (beta blocker), sislosporin, diuretik, dan obat-obatan kemoterapi.

    Sedangkan jika dipandang sebagai bentuk komplikasi, penyakit asam urat berisiko tinggi dialami oleh orang-orang yang sedang menderita penyakit ginjal kronik, penyakit diabetes, hipertensi, obesitas, kolesterol tinggi, osteoarthritis, psoriasis, dan sindrom metabolisme.

  2. Penyebab Kolesterol Tinggi
    Banyak faktor yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi, salah satunya adalah gaya hidup. Berikut ini adalah hal-hal yang dikategorikan sebagai gaya hidup tidak sehat yang berisiko tinggi memicu peningkatan kadar kolesterol jahat pada darah.
  • Kebiasaan  mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal yang paling berpengaruh terhadap kadar kolesterol dalam darah adalah tingginya kadar lemak jenuh dalam makanan tersebut. Makanan-makanan yang tinggi kadar lemak jenuhnya antara lain santan, jeroan, otak sapi, daging kambing, daging bebek dengan kulit, kulit ayam, kerang, udang, cumi, dan telur burung puyuh.
  • Keengganan untuk berolahraga atau kurang melakukan aktivitas fisik.
  • Terutama bagi Anda yang merokok, pada rokok ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas HDL atau kolesterol baik untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang. Akibatnya bisa terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis.
  • Kebiasaan terlalu banyak mengonsumsi minuman keras.

Faktor lain yang menjadikan seseorang lebih beresiko mengalami kolesterol tinggi adalah obesitas dan memiliki lingkar pinggang yang berlebihan. Untuk kita yang termasuk bangsa Asia, obesitas berarti memiliki indeks massa tubuh di atas 25 (kg/m2) sedangkan dikatakan lingkar pinggang berlebihan dimana melewati 90 cm bagi laki-laki atau 80 cm untuk perempuan. Jika seseorang mengalami obesitas, maka dia cenderung memiliki kadar kolesterol jahat dan kadar trigliserida yang lebih tinggi serta kadar kolesterol baik yang lebih rendah.

Trigliserida adalah jenis lain dari zat lemak pada darah. Ada beberapa penyebab naiknya kadar trigliserida dalam tubuh seseorang, antara lain karena faktor genetik, kegemukan, terlalu banyak mengonsumsi minuman keras, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula atau lemak tinggi.

Vig Power Capsule:

kolestrol tinggi vs vig power capsule

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *