Waspadai!! Inilah 5 Penyebab Kanker Payudara Yang Sering Diabaikan

Penyebab kanker payudara – Pada dasarnya belum dapat dipastikan bahwa seorang wanita dapat mengembangkan penyebab kanker payudara dalam dirinya atau tidak. Namun ada beberapa penyebab yang mempengaruhi kemungkinan berkembangnya kanker payudara. Banyak wanita yang menjalani gaya hidup yang sehat tapi tetap saja mengidap kanker payudara.

Penyebab kanker payudaraSementara itu di lain pihak, banyak wanita yang aktif merokok, rajin mengkonsumsi alkohol dan hidup dengan pola yang tidak sehat malah baik-baik saja dan jauh dari kanker. Kanker payudara adalah jenis lain dari kanker yang terjadi pada jaringan sel payudara. Ketika sel abnormal membagi dan tidak terkontrol, mereka dapat menjadi besar dengan membentuk jaringan ekstra, atau tumor, yang dapat menjadi jinak atau ganas. Sel tumor jinak tidak menyebar ke jaringan tubuh yang lain, biasanya dapat diangkat dan tidak akan timbul kembali.

Baca Juga:

Sel tumor ganas (kanker) dapat menyebar ke jaringan tubuh yang terdekat dan melepaskan diri dari bentuk tumor primer menjadi bentuk tumor sekunder dimanapun di bagian tubuh. Kanker payudara tidak menyerang kulit payudara yang berfungsi sebagai pembungkus. Kanker payudara menyebabkan sel dan jaringan payudara berubah bentuk menjadi abnormal dan bertambah banyak secara tidak terkendali. Waspadai!! Inilah Penyebab Kanker Payudara Yang Sering Diabaikan

Penyebab kanker payudara

  1. Faktor penyebab kanker payudara yang paling memungkinkan terjadi bagi setiap orang adalah faktor keturunan atau genetis. Biasanya seseorang yang keluarganya memiliki riwayat terkena penyakit kanker jenis apapun terbilang cukup rentan untuk mengidap penyakit kanker juga. Jenis kanker yang menyerang tubuh seseorang tersebut tidak selalu sama dengan yang sebelumnya. Semuanya tergantung bagian organ tubuh mana yang lebih mudah atau beresiko terkena penyakit kanker. Namun hal ini juga tidak menutup kemungkinan untuk terserang penyakit kanker yang sama. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk seseorang dengan riwayat keluarga yang pernah mengidap penyakit kanker dalam menjaga kesehatan tubuh dan menjauhi hal-hal yang bisa menyebabkan kanker.
  2. Selain faktor keturunan atau genetis, gaya hidup seseorang juga menjadi faktor penyebab kanker payudara yang lainnya. Sudah jelas di benak kita, betapa gaya hidup yang sehat merupakan jalan keluar dari pelbagai macam penyakit yang dapat mendera kita. Sayangnya, tidak semua orang menyadari akan pentingnya hal ini. Gaya hidup yang tidak sehat justru menjadi pilihan hidup mereka, dan mau tidak mau pada akhirnya mereka harus menanggung resikonya.
  3. Gaya hidup tidak sehat yang menjadi faktor penyebab kanker payudara dapat terlihat dari pola makan yang dijalani seseorang tersebut. Yang sering tidak diketahui kebanyakan orang adalah terdapat sejumlah bahan makanan yang dapat memicu sel kanker dalam tubuh untuk berkembang biak. Kasus yang lain menyebutkan bahwa mereka sudah menyadari hal ini, namun memilih untuk tetap mengkonsumsi makanan tersebut. Hal ini sangat memprihatinkan, mengingat angka mortalitas yang disebabkan oleh penyakit kanker cukup tinggi di Indonesia.<br>
    Salah satu bahan makanan yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh adalah kacang kedelai. Siapa yang menyangka bahwa bahan makanan yang menyehatkan ini merupakan salah satu faktor penyebab kanker payudara?
  4. Memakan sayur dan buah-buahan adalah ciri orang yang memiliki gaya hidup sehat. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi sebuah serangan balik ketika tiada kecermatan dalam memilih sayur dan buah yang hendak dikonsumsi. Kandungan pestisida yang menempel pada sayur atau buah dapat membuat tubuh bereaksi untuk memicu pertumbuhan sel kanker di dalamnya. Guna menghindari hal ini, sangat dianjurkan untuk memilih sayur dan buah yang organik, sebab sudah jelas tidak memiliki resiko tercemar pestisida. Membeli sayur dan buah non organik sebenarnya tidak menjadi masalah, hanya saja dalam pengolahannya harus dicuci bersih sebelumnya.<br>
    Allkohol juga menjadi salah satu faktor penyebab kanker payudara. Alkohol meningkatkan hormon estrogen, yang dapat memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh. Alkohol juga dapat mendorong aktivitas berkembangnya tumor.
  5. Kacang kedelai memiliki kandungan phytoentrogens yang berpotensi untuk meningkatkan jumlah sel kanker dalam tubuh. Phytoentrogens menyebabkan hormon estrogen meningkat. Hormon estrogen yang ada pada tubuh seorang wanita dalam kadar yang melebihi batas normal merupakan jalan bagi sel-sel kanker untuk berkembang biak. Walaupun kacang kedelai termasuk sebagai salah satu bahan makanan yang menyehatkan dan sering terdapat dalam menu diet, mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih mampu menyebabkan tubuh terkena penyakit kanker payudara.<br>
    Satu kegiatan yang termasuk gaya hidup tidak sehat adalah merokok. Seperti yang kita tahu bahwa sebatang rokok mengandung banyak sekali zat beracun, dan sebagian besar dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya perokok aktif yang beresiko terkena penyakit kanker, tetapi perokok pasif pun juga memiliki resiko tinggi terkena penyakit tersebut. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi kita semua untuk menjauhi hal bernama rokok.

Pada dasarnya belum dapat dipastikan bahwa seorang wanita dapat mengembangkan penyebab kanker payudara dalam dirinya atau tidak. Namun ada beberapa penyebab yang mempengaruhi kemungkinan berkembangnya kanker payudara. Banyak wanita yang menjalani gaya hidup yang sehat tapi tetap saja mengidap kanker payudara.

Sementara itu di lain pihak, banyak wanita yang aktif merokok, rajin mengkonsumsi alkohol dan hidup dengan pola yang tidak sehat malah baik-baik saja dan jauh dari kanker. Kanker payudara adalah jenis lain dari kanker yang terjadi pada jaringan sel payudara. Ketika sel abnormal membagi dan tidak terkontrol, mereka dapat menjadi besar dengan membentuk jaringan ekstra, atau tumor, yang dapat menjadi jinak atau ganas. Sel tumor jinak tidak menyebar ke jaringan tubuh yang lain, biasanya dapat diangkat dan tidak akan timbul kembali.

Sel tumor ganas (kanker) dapat menyebar ke jaringan tubuh yang terdekat dan melepaskan diri dari bentuk tumor primer menjadi bentuk tumor sekunder dimanapun di bagian tubuh. Kanker payudara tidak menyerang kulit payudara yang berfungsi sebagai pembungkus. Kanker payudara menyebabkan sel dan jaringan payudara berubah bentuk menjadi abnormal dan bertambah banyak secara tidak terkendali.

Saat ini yang paling penting bagi setiap wanita untuk menurunkan risiko kematian akibat kanker payudara adalah dengan melakukan skrining mamogram secara reguler, mengetahui bagaimana cara melakukan pemeriksaan payduara sendiri dan memeriksakan diri ke dokter secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *