Waspadai Penyebab Kanker Usus Besar dan Ciri Cirinya

Waspadai penyebab kanker usus Besar dan ciri cirinya – Penyakit kanker usus besar yang baru-baru ini kerap terdengar biasanya sering menyerang orang yang sudah berumur dewasa mulai dari 40 tahun keatas, namun tak ada salahnya jugakan melakukan pencegahan sejak dini karena tidak kemungkinan besar kanker usus besar juga dapat menyerang kaum muda.

Waspadai Penyebab Kanker Usus Besar dan Ciri CirinyaDijaman yang bertambah modern ini memakan-makanan yang serba instan sudah menjadi kebiasaan orang di konsumsi sehari-hari, karena memang banyak sekali keuntungan nya selain harganya terjakau juga dapat menghemat banyak waktu apalagi bagi orang-orang yang bekerja di kantoran. Namun perlu anda ketahui kembali makanan serba instan atau yang sering disebut dengan makanan siap saji ternyata dapat menimbulkan berbagai penyakit dan diantaranya kanker usus besar yang ahir-akhir ini kerap dibicarakan oleh masyarakat Indonesia.

Kanker usus besar itu sendiri merupakan suatu penyakit yang menyerang organ tubuh dalam yakni Kolon (dalam ilmu kedokteran) atau dalam bahasa masyarakatnya  kanker yang menyerang bagian usus besar. Penyebab utama yang dapat mengakibatkan timbulnya kanker usus besar adalah pola gaya hidup yang tidak sehat, mulai dari pola makan yang tidak teratur dan sembarangan hingga kurangnya melakukan aktifitas olahraga. Di Indonesia sendiri penyakit kanker pada tahun 2013 bisa mencapai 1,4 per 1000 penduduk atau sekitar 330.000 jiwa. Waspadai penyebab kanker usus Besar dan ciri cirinya

Awal mula timbulnya penyakit kanker usus ini memiliki masa perkembangan yang lamban dari tahun ke tahun yakni diawali dengan terjadinya pembentukan gumpalan-gumpalan sel berukuran kecil yang disebut polip adenoma, lalu seiring berkembannya jaringan kanker ini gumpalan ini kemudian akan menyebar secara tidak kendali jika tidak ditangani sesegera mungkin. Jika sel kanker ini sudah tidak terkendali lagi maka dapat merusak sel-sel lainnya yang berada didekatnya. Berikut beberapa penyebab yang diketahui dapat memicu atau meningkatkan terjadi pertumbuhan sel kanker dalam usus diantaranya :

  • Pola makan yang tidak sehat, diantaranya terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung tinggi lemak
  • Terlalu sering melakukan diet ketat tanpa memperhatikan pola nutrisi yang harus masuk dalam tubuh setiap harinya
  • Kurang melakukan olahraga
  • Kurang mengkonsumsi makanan yang berserat, seperti sayuran
  • Sering mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol ; dan
  • Faktor genetik atau keturunan

Ciri-Ciri penderita yang mengalami kanker usus besar

  1. Mengalami masalah pada buang air besar (BAB)
  2. Merasa sakit diarea bagian perut
  3. Perut kembung dan sering merasa mual
  4. Terjadi penurunan berat badan secara signifikan
  5. Sering merasa kelelahan
  6. Mengalami anemia tandanya kulit menjadi sangat pucat
  7. Darah pada tinja, bukan darah segar namun darah yang keluar bercampur dengan kotoran biasanya berwarna coklat pekat dan intensitas bentuknya menjadi panjang dan pipih

Mengalami kelelahan mungkin itu hal yang wajar, namun jika anda mengalami kelelahan disertai ciri-ciri diatas sebaiknya anda waspada dan segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tips mencegah kanker usus besar 

Bagi anda yang merasa mengalami ciri-ciri seperti yang kami jelaskan diatas lantas sudah berkonsultasi dengan dokter, berikut dibawah ini beberapa tips yang dapat mendampingi pola gaya hidup anda untuk mencegah terjadinya kanker usus besar :

  • Lakukan pola gaya hidup yang sehat mulai dari sekarang dan tinggalkan kebiasaan buruk yang sering dilakukan.
  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet baik kimia ataupun pewarna makanan, termasuk makanan yang banyak mengandung lemak tinggi.
  • Perbanyak makanan yang banyak mengandung serat, yakni sayuran dan buah-buahan.
  • Lakukan aktifitas olahraga secara teratur dan tepat, minimal 2-3 kali dalam seminggu
  • Hindari diet ketat yang justru dapat menurunkan sistem daya tahan tubuh
  • Jika anda seorang perokok ataupun sering mengkonsumsi minuman beralkohol sebaiknya berhenti mengkonsumsinya.

Seperti itulah beberapa penjelasan mengenai kanker usus besar, semoga artikel mengenai Waspadai penyebab kanker usus Besar dan ciri cirinya dapat bermanfaat bagi anda semua, terimakasih sudah berkunjung salam sehat untuk semuanya.

http://www.vigpower-capsule.web.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *