Penyebab Penyakit Darah Tinggi Dan Gejalanya

Penyebab penyakit darah tinggi dan gejalanya,-  Tekanan darah tinggi biasanya akan berkembang selama beberapa tahun, dan pada akhirnya memengaruhi kesehatan. Beruntung, tekanan darah tinggi dapat dengan mudah terdeteksi. Dan sekali Anda mengetahui Anda mempunyai tekanan darah tinggi, Anda dapat mengusahakan dengan dokter Anda untuk mengendalikannya.

Penyebab Penyakit Darah Tinggi Dan GejalanyaBagi orang yang mengalami penyakit hipertensi tentu mempunyai pantangan-pantangan dalam berbagai hal seperti dalam makanan, orang yang mempunyai darah tinggi tidak boleh mengkomsumsi daging kambing karena daging kambing bisa membuat tekanan darah menjadi naik drastis. Saya akan memberitahu anda apa saja gejala hipertensi yang sering dialami oleh penderitanya jadi anda bisa mengetahui jika nanti anda mengalami gejala hipertensi anda bisa langsung melakukan pengobatan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Penyebab Penyakit Darah Tinggi Dan Gejalanya

Gejala penyakit darah tinggi bisa berbeda-benda pada tiap penderita tekanan darah tinggi. Selain itu, gejala awal penyakit hipertensi juga tidak terlihat secara kasat mata sehingga cukup sulit dikenali. Akan tetapi beberapa pertanda bisa menjadi indikator akan adanya penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi ini.

  1. Pola makan
    Pola makan yang tidak baik juga dapat menjadi penyebab darah tinggi. Tubuh memerlukan natrium, akan tetapi jika mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium berlebihan dapat memicu tekanan darah tinggi.
  2. Stres
    Stres dan kondisi emosi yang tidak baik dapat menjadi penyebab darah tinggi. Stres memicu seseorang menjadi sulit tidur, badan cepat lelah, sakit kepala, maag, dan hipertensi.
  3. Usia
    Faktor usia merupakan penyebab darah tinggi yang tidak bisa Anda kendalikan. Banyak penelitian menunjukkan ketika usia seseorang bertambah, tekanan darah pun akan meningkat. Berarti tidak menutup kemungkinan bagi orang yang masih muda bisa terkena tekanan darah tinggi.
  4. Obesitas atau Kegemukan
    Orang yang memiliki berat badan di atas 30 persen dari berat badan ideal, memiliki kemungkinan lebih besar menderita penyakit tekanan darah tinggi. Karena badan yang gemuk membuat badan sulit bergerak, sehingga membuat kerja jantung dalam memompa darah menjadi lebih keras.
  5. Kurang Olahraga
    Kurang olahraga bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Olahraga teratur mampu menurunkan tekanan darah tinggi.Akan tetapi jangan melakukan olahraga yang berat jika Anda menderita tekanan darah tinggi.
  6. Keturunan
    Jika orang tua atau saudara Anda memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi, maka kemungkinan Anda untuk menderita tekanan darah tinggi akan lebih besar. Masalah tekanan darah tinggi lebih beresiko pada kembar identik daripada yang kembar tidak identik. Penyebab darah tinggi karena keturunan yaitu karena faktor gangguan fungsi barostat renal, abnormalitas transportasi natrium kalium, gangguan metabolisme, sensitifitas terhadap konsumsi garam, dan respon saraf pusat terhadap stimulasi psiko-sosial.

Gejala penyakit darah tinggi

  • Lelah adalah salah satu gejala penyakit darah tinggi yang sering terjadi. Jika anda merasa lebih mudah lelah, bisa jadi anda menderita penyakit darah tinggi.
  • Pusing, migrain atau sakit kepala sebelah, sakit kepala seluruhnya, melayang, vertigo, kepala berdenyut seperti ditusuk-tusuk.
  • Rasa pegal dan tidak nyaman pada tengkuk leher bagian belakang.
  • Perasaan seperti berputar-putar serasa ingin jatuh pingsan.
  • Detak jantung terasa cepat.
  • Telinga terasa berdenging.
  • Sesak napas.
  • Masalah penglihatan seperti penglihatan kabur bahkan bisa menyebabkan kebutaan.
  • Kaki bengkak.
  • Mual dan muntah.
  • Mudah lupa atau pikun.
  • Komplikasi berat seperti gagal jantung dan pingsan akibat stroke.

Darah tinggi terjadi lebih sering disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak baik. Beberapa penyebab darah tinggi lainnya yaitu diet yang buruk, dan merokok. Banyak orang yang melakukan pengobatan karena gejala penyakit darah tinggi tersebut. Akan tetapi, sebelum melakukan pengobatan untuk darah tinggi ada baiknya jika di konsultasi kan dengan dokter. Selain melakukan pengobatan untuk darah tinggi, pencegahan yang dapat dilakukan antara lain : makanan yang mengandung garam berlebih, konsumsi sayuran dan buah-buahan, rajin olahraga untuk mencegah penyakit darah tinggi, hindari merokok, dan perbanyak minum air putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *