Penyebab Penyakit Ginjal dan Cara Penyembuhannya

Penyebab penyakit ginjal dan cara penyembuhannya,- Kebanyakan orang kurang menyadari pentingnya menjaga organ tubuh, seperti ginjal. Padahal fungsi ginjal ini sangat vital sebab sebagai penyaring kotoran yang terdapat dalam makanan yang nantinya akan dibuang melalui urine.

Penyebab Penyakit Ginjal dan Cara PenyembuhannyaMengingat pentingnya fungsi dari ginjal dalam tubuh kita, maka dari itu penting mengetahui tentang penyakit ginjal dan pengobatannya secara dini. Hal ini memungkinkan agar kita dapat meminimalkan terjadinya penyakit tersebut.

Penyebab Penyakit Ginjal dan Cara Penyembuhannya

Penyebab Penyakit Ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang di derita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya : Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension) Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus) Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur) Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik.

Menderita penyakit kanker (cancer) Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease) Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis. Adapun penyakit lainnya yang juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal apabila tidak cepat ditangani antara lain adalah: Kehilangan carian banyak yang mendadak (muntaber, perdarahan, luka bakar), serta penyakit lainnya seperti penyakit Paru (TBC), Sifilis, Malaria, Hepatitis, Preeklampsia, Obat-obatan dan Amiloidosis. Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana funngsinya. Dalam dunia kedokteran dikenal dua macam jenis serangan gagal ginjal, akut dan kronik.

Ginjal berfungsi untuk membuang sampah sisa motabolisma yang terjadi pada sistem tubuh manusia, Secara sistematis akan membuang cairan yang berlebih dari tubuh sebanyak 750 ml – 1500 ml perhari. Apabila ginjal tidak dapat berfungsi, atau dalam dunia kedokteran sebagai penyakit gagal ginjal, sisa metabolisma yang berada didalam tubuh dan tidak dikeluarkan akan menjadi racun bagi tubuh kita sendiri.

Gejala dan Ciri-ciri penyakit ginja

Adapun tanda dan gejala terjadinya gagal ginjal yang dialami penderita secara akut antara lain: Bengkak mata, kaki, nyeri pinggang hebat (kolik), kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah/darah, sering kencing. Kelainan Urin: Protein, Darah/Eritrosit, Sel Darah Putih/Lekosit, Bakteri. Sedangkan tanda dan gejala yang mungkin timbul oleh adanya gagal ginjal kronik antara lain: Lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan kurang, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi.

Batu ginjal dapat ataupun tidak menyebabkan tanda dan gejala sampai batu tersebut bergerak di dalam ureter –pipa yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Pada satu titik, tanda dan gejala yang dapat terjadi adalah:

  • Nyeri yang parah pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul
  • Nyeri yang menyebar ke bagian bawah tubuh dan pangkal paha
  • Nyeri pada saat buang air kecil
  • Urin berwarna pink, merah atau coklat
  • Mual dan muntah
  • Sering buang air kecil
  • Demam dan menggigil saat infeksi terjadi

Hubungan antara Ginjal dan Sistem Sirkulasi Sekresi

  1. Salah satu hasil metabolisme yang akan dibuang oleh ginjal yaitu ureum dan kreatinin adalah sebagai indikator derajat kesehatan pada ginjal
  2. Dan apabila keduanya meningkat, hal ini menunjukkan fungsi ginjal tidak baik • Jika jika tekanan darah meningkat, maka filtrasi meningkat, sehinga kencing meningkat/ poliuria
  3. Jika tekanan darah menurun, maka filtrasi menurun sehingga kencing sedikit/ poli uria sampai anuria
  4. Syok yang terjadi sebagian besar karena sistem hypovolemik, mengakibatkan tekana darah menurun. Apabila kondisi ini berlangsung lama, maka mengakibatkan kerusakan ginjal yang disebut gagal ginjal. Jika mendadak disebut Gagal ginjal akut, jika menetap dsb kronik dan terminal dsb gagal ginjal terminal artinya ginjal tidak bisa lagi mengukur homeostasis.

Pencegahan penyakit ginjal

Selain mengetahui gejala dan pengobatannya, sebaiknya kita juga mempunyai pengetahuan yang memadai tentang gejala penyakit ginjal dan pencegahannya. Dengan demikian, kita bisa menghindari penyakit ginjal tersebut menimpa organ berharga kita. Untuk melindungi ginjal, sebaiknya lakukan hal-hal berikut:

  • Rajin mengecek tekanan darah kita. Penyakit ginjal dapat terjadi karena komplikasi penyakit tekanan darah tinggi yang kronis.
  • Suplemen dari ekstrak bawang putih memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah, tetapi berkonsultasilah dulu dengan dokter Anda untuk mengonsumsi suplemen ini karena mungkin ada efek samping bagi kesehatan Anda.
  • Menghilangkan kebiasan merokok dan minum alkohol karena kedua bahan tersebut membuat ginjal harus bekerja keras untuk menetralisir bahan itu

2 thoughts on “Penyebab Penyakit Ginjal dan Cara Penyembuhannya

  1. Ryan

    Selamat pagi, saya baru pertama kalinya meminum vig power capsule, dan itupun hanya 1 capsule, saya meminumnya malam hari, namun pagi harinya kenapa gejala yang seperti dituturkan di atas yg saya rasakan dan itu sudah berjalan 2 hari dgn rasa nyeri yg tidak berkurang sdkitpun bhkan menambah, sebelumnya saya blm pernah ada masalah dengan ginjal saya, tpi kenapa setelah saya meminum 1 butir capsule itu malah timbul nyeri di bawah pinggang hingga ke paha saya ?
    Tolong tanggapannya.
    Terima Kasih.

    Reply
    1. admin Post author

      Iya selamat pagi ,
      Baik, bapak tidak perlu khawatir itu obatnya sedang bereaksi. Usahakan banyak minum air putih. tidak akan ada efek buruk pak, insyaalloh obat kami aman.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *