Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyebab penyakit jantung koroner,-Penyakit jantung koroner atau biasa disebut juga dengan penyakit arteri koroner adalah salah satu penyakit pembunuh paling besar di dunia. Jantung organ vital dan fungsinya sangat penting di dalam tubuh manusia, maka dari itu sudah sepatutnya kita harus memperhatikan kesehatan jantung kita.

Penyebab Penyakit Jantung KoronerPenyebab Penyakit jantung koroner disebabkan karena plak di arteri yang berlebihan jumlahnya hingga membuat arteri menyempit sehingga pasokan oksigen dan darah ke jantung menjadi terganggu dan terhambat. Akibat aliran darah yang terhambat maka hal tersebut yang memicu penyakit jantung koroner, dimana jantung pada tubuh manusia membutuhkan banyak pasokan darah dari artileri yang gagal menjalankan tugasnya diakibatkan plak dan timbunan kolesterol , dan akibatnya jantung tidak dapat suplai darah yang banyak dan gagal memompa darah dengan banyak pula.

Penyebab penyakit jantung koroner

  • Memiliki penyakit ginjal parah
    Dengan hadirnya penyakit tersebut juga ikut mempengaruhi kinerja jantung itu sendiri. Pada akhirnya karena kegagalan ginjal yang semakin parah sehingga berdampak pada overload tekanan darah menuju ke jantung dan mengakibatkan kegagalan atau serangan jantung akut.
  • Kolesterol dalam tubuh yang cukup tinggi
    Kolesterol jahat dalam tubuh sebagai pemicu utama plak dalam arteri, jika plak dibiarkan menumpuk maka akan menimbulkan penyempitan dan penyumbatan yang berujung pada serangan jantung.
  • Keturunan
    Biasanya faktor genetik sudah barang tentu akan menular ke satu keluarga tersebut. Meskipun salah satu diantara mereka tidak ada yang terkena peyakit jantung namun sifat keturunan akan selalu terbawa dalam gen mereka.
  • Merokok
    Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok ternyata ikut mendukung munculnya plak dalam arteri darah. Jika dibiarkan plak akan tersumbat dan timbulah serangan jantung.
  • Memiliki riwayat diabetes
    Kandungan darah yang cukup tinggi didalam darah dapat menjadi pemicu terjadinya jantung koroner, karena jantung bekerja lebih keras untuk mengirim darah keseluruh tubuh.
  • Kegemukan atau obesitas
    Kegemukan karena lemak yang terlalu banyak, mampu menyumbat seluruh arteri darah dalam tubuh dan hal membuat darah tidak bisa mengalir dengan lancar.

Cara mengobati penyakit jJantung koroner

  • Olahraga yang teratur
    Yang kedua adalah Anda harus rajin olahraga dengan teratir. Meskipun olahraga yang Anda lakukan adalah olahraha ringan dan dalam waktu singkat. Namun olahraga bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh terutama untuk jantung Anda.
  • Istirahat yang cukup
    Anda tidak boleh meremehkan istirahat. Tubuh yang digunakan untuk bekerja setiap hari membutuhkan istirahat. Jadi Anda harus merubah pola hidup buruk menjadi pola hidup yang jauh lebih berkualitas.
  • Kontrol berat badan
    Anda juga diharuskan bisa mengontrol berat badan Anda dengan baik. Jangan sampai berat badan Anda melebihi batas ideal dan batas normal berat badan. Karena bila terlalu banyak lemak dalam tubuh bisa memicu timbulnya penyakit
  • Menghindari makanan tertentu
    Dan yang terakhir adalah menghindari makanan yang bisa menyebabkan penyakit jantung koroner. Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari adalah makanan yang mengandung zat gula terlalu tinggi, makanan yang berlemak tinggi dan makanan siap saji yang tidak baik karena mengandung banyak pengawet didalamnya. jantung koroner.
  • Mengatur pola makan yang sehat
    Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pencegaha terhadap penyakit jantung koroner adalah dengan mengatur pola makan sehat. Biasanya penyakit jantung koroner menyerang mereka yang berusia sekitar 40 tahun dan lebih banyak menyerang kaum laki-laki dibandingkan dengan kaum perempuan. Anda harus mengonsumsi makanan sehat yang bisa mendukung kesehatan Anda dan bernilai gizi tinggi.

Itulah beberapa hal penting yang menjadi pemicu kelainan, gangguan dan penyakit pada jantung kita. Ada baiknya kita mengetahui dan mengenali segala hal yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan tentu saja penyebab terjadinya penyakit jantung. Semua itu sangat berguna bagi kita untuk dapat mendeteksi kesehatan jantung kita sedari dini karena jantung kita sangatlah vital fungsinya. Penyakit jantung mungkin tidak dapat disembuhkan begitu saja oleh obat, tetapi kita dapat mencegahnya dengan menerapkan pola hidup yang sehat dari sekarang. Hidup sehat akan menjauhkan kita dari penyakit jantung dan penyakit-penyakit lainnya tentu saja. Hidup sehat juga berarti hidup bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *