Penyebab Penyakit Jantung Lemah

Penyebab penyakit jantung lemah,-Penyakit jantung lemah atau di sebut juga kardiomiopati adalah kondisi dimana fungsi jantung yang memompa darah keseluruh tubuh mengalami penurunan yang di akibatkan penurunan elastisitas otot jantung. Penyakit lemah jantung merupkan gejala awal dari serangan jantung yang kemudian dapat menyebabkan kematian bagi si penderita lemah jantung.

Penyebab Penyakit Jantung LemahOtot jantung yang lemah sendiri adalah kelainan bawaan sejak lahir. Otot jantung yang lemah membuat penderita tak dapat melakukan aktivitas yang berlebihan, karena pemaksaan kinerja jantung yang berlebihan akan menimbulkan rasa sakit di bagian dada, dan kadangkala dapat menyebabkan tubuh menjadi nampak kebiru-biruan.

Penyebab penyakit jantung lemah

Penyakit jantung lemah tidak akan muncul pada diri anda apabila tidak ada penyebabnya. Penyebab munculnya penyakit jantung ini karena:

  1. Gangguan degupan atau detak jantung dan penyakit lainnya yang mampu membuat aliran darah dalam tubuh melemah seperti penyakit anemia.
  2. Pola makan termasuk pola hidup anda tang tidak sehat dan muncul faktor psikologis tekanan batin atau stress yang berlebihan.
  3. Pengomatan terhadap penyakit dan dampak dari obat yang dikonsumsi. Serta adanya micro organisme seperti infeksi bakteri dan jamur.
  4. Terjadi kelebihan tekanan pada jantung yang mengakibatkan serangan jantung. Dan terdapat penyekatan yang terjadi pada aliran darah dari jantung seperti aortic stenosis.
  5. Adanya faktor keturunan yang menyebabkan anda mengidap penyakit jantung ini. Faktor keturunhan tidak dapat ditolak oleh anda ataupun orang lain. Jika salah satu dari anggota keluarga anda seperti orang tua atau kakek nenek yang pernah mengalami penyakit jantung maka bisa jadi penyakit yang anda derita berasal dari riwayat penyakit jantung dari keluarga anda.
  6. Keadaan darah juga dapat menjadi salah satu penyebab penyakit jantung lemah yang anda derita saat ini. Jika anda memiliki tekanan darah yang tinggi akan mempengaruhi aliran darah yang dihasilkan tubuh yang dapat berpengaruh juga dengan kesehatan jantung anda.

Ciri-Ciri Penyakit Jantung Lemah

  • Mudah Merasa Lelah
    Ciri-ciri penyakit jantung lemah karena anda sering kelelahan atau cepat lelah. Berkurangnya kinerja atau kekuatan jantung untuk memompa cukup darah ke jantung mengakibatkan darah dialihkan dari sisi atau bagian tubuh yang kurang penting seperti tangan dan kaki untuk memasok organ lain yang lebih penting seperti otang dan jantung. Hal ini menyebabkan pasien mudah lelah saat melakukan rutinitas sehari hari seperti berjalan jauh, naik tangga, serta membawa beban berat.
  • Batuk-batuk
    Batuk yang disebabkan adanya penumpukan cairan dalam paru-paru yang dabat menghasilkan dahak atau lendir yang bercampur darah. Serta juga sesak napas berat akbat melemahnya sistem jantung dan darah kembali masuk kepembuluh darah sebagai pemasok oksigen dari paru-paru ke jantung.
  • Detak Jantung yang Cepat.
    Disertai dengan kerja jantung yang sangat cepat atau kencang dan tidak teratur karena jantung mempercepat kerjanya untuk mengimbangi ketidak mampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Yang mengakibatkan munculnya ciri-ciri penyakit jantung lemah yaitu penderita akan merasakan jentungnya berdebar serta denyut jantung yang tidak teratur.
  • Adanya Beban Fikiran.
    Beban fikiran adalah salah satu ciri-ciri penyakit jantung karena kadar zat tertentu yang melebihi kemampuan atau abnormal dalam darah seperti natrium dan kurangnya aliran darah ke otak yang dapat mengganggu daya ingat atau disorientasi.

Gangguan diastolik atau ciri-ciri penyakit jantung lemah akan terus berlanjut dan makin parah, apabila tidak segera ditangani yang pada akhirnya akan menyebabkan gangguan sistolik. Gangguan sistolik terjadi akibat arus balik ke jantung tidak dapat terkendali yang akhirnya akan menyebabkan pembengkakan pada kedua tungkai dalam otot jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *