Inilah Penyebab Rheumatoid Arthritis Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Rheumatoid Arthritis – Penyakit artritis rematoid merupakan suatu penyakit yang telah lama dikenal dan tersebar diseluruh dunia serta melibatkan semua ras dan kelompok etnik. Artritis rheumatoid sering dijumpai pada wanita, dengan perbandingan wanita denga pria sebesar 3: 1. kecenderungan wanita untuk menderita artritis reumatoid dan sering dijumpai remisi pada wanita yang sedang hamil, hal ini menimbulkan dugaan terdapatnya faktor keseimbangan hormonal sebagai salah satu faktor yang berpengaruh pada penyakit ini. Inilah Penyebab Rheumatoid Arthritis Yang Harus Diwaspadia

rheumatoid arthritisGejala Penyakit Artritis Reumatoid biasanya ditandai dengan gejala umum nyeri pada sendi dan disertai dengan bengkak. Pada umumnya gejala awal yang dirasakan adalah penderita merasa kaku dan nyeri sendi pada pagi hari selama 60 menit.  Nyeri dan kekakuan tersebut berlangsung setiap hari dan sering pula disertai kemerahan pada sendi yang nyeri tersebut. Biasanya pasien menyadari hal ini pertama kalinya pada jari-jari tangannya. Pada tahap awal biasanya jarang terjadi pembengkakan sendi, dan pembengkakan ini baru terlihat beberapa bulan setelah timbul rasa nyeri dan kaku. Baca Juga: Perbedaan Asam Urat Dan Rematik

Inilah Penyebab Rheumatoid Arthritis Yang Harus Diwaspadia

Penyebab rheumatoid arthritis tidak sepenuhnya dipahami, tetapi faktor-faktor penting telah diidentifikasi. Respon imun yang merusak mungkin disebabkan oleh kombinasi dari kerentanan genetik dan pemicu lingkungan. Mengubah hormon juga mungkin memainkan bagian penting dalam penyakit, mungkin dalam hal menanggapi infeksi dari lingkungan.

Lebih dari satu gen telah dikaitkan dengan risiko untuk rheumatoid arthritis. Gen-gen tertentu dapat meningkatkan peluang seseorang mengembangkan penyakit, bahkan sebagian bisa menentukan tingkat keseriusan kondisi penyakit.

Pemicu lingkungan tertentu belum ditemukan, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa infeksi oleh virus atau bakteri menyebabkan rheumatoid arthritis pada orang yang rentan secara genetik. Ini tidak berarti bahwa rheumatoid arthritis adalah menular. Orang dengan rheumatoid arthritis tampaknya memiliki antibodi lebih dalam cairan sinovial pada sendi mereka, menunjukkan bahwa mungkin ada infeksi.

Rendahnya tingkat hormon dari kelenjar adrenal juga mempengaruhi seseorang terhadap penyakit rheumatoid arthritis, namun tidak diketahui bagaimana hormon berinteraksi dengan faktor lingkungan dan genetik. Perubahan hormon dapat berkontribusi untuk kemajuan dan kesembuhan rheumatoid arthritis. Inilah Penyebab Rheumatoid Arthritis Yang Harus Diwaspadia

Faktor risiko

Walau pemicu terjadinya rheumatoid arthritis masih belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena rheumatoid arthritis, antara lain:

  • Usia. Kebanyakan penderita rheumatoid arthritis berusia 40 tahun ke atas, tapi bisa juga menjangkiti orang pada usia berapa pun.
  • Jenis kelamin. Pria lebih jarang terkena penyakit ini dibandingkan wanita.
  • Genetika. Walau kecil, mempunyai anggota keluarga yang menderita rheumatoid arthritis meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit ini juga.
  • Merokok. Merokok dapat memicu berbagai macam penyakit dan kebiasaan buruk ini bisa meningkatkan risiko terkena rheumatoid arthritis.

Perawatan Rheumatoid Arthritis

Penderita rheumatoid arthritis hanya bisa melakukan perawatan karena hingga saat ini masih belum ada obat yang dapat menyembuhkan rheumatoid arthritis secara total, namun dengan perawatan yang tepat, penyebaran dan peradangan dapat dihambat.

Perawatan rheumatoid arthritis yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan terapi serta pengobatan jangka panjang untuk menghambat perkembangan dan gejala rheumatoid arthritis. Jika perawatan dengan terapi dan pengobatan sudah tidak efektif, maka operasi untuk memperbaiki masalah persendian dapat dilakukan.

Komplikasi Rheumatoid Arthritis

Ada beberapa kemungkinan komplikasi rheumatoid arthritis yang dapat terjadi jika tidak ditangani dengan baik, seperti peradangan pada mata, jantung, dan paru-paru, serta terjadinya sindrom lorong karpal. Rheumatoid arthritis meningkatkan risiko terkena stroke dan serangan jantung.

Vig Power Capsule:

faktor yang menyababkan reumatoid artritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *