Perbedaan Asam Urat dan Radang Sendi

Perbedaan asam urat dan radang sendi,- Penyakit kedua ini memang sudah tidak asing lagi kita dengar, namun tak banyak juga sebagian orang awam menganggap asam urat dan radang sendi itu sama padalah jika kita mengetahui gejala yang timbul pada keduanya lebih detail sama sekali tidak ada kesamaan pada keduanya. Meskipun keduanya membuat nyeri sendi namun kondisi tersebut sangatlah berbeda.

Perbedaan asam urat dan radang sendiPenyakit asam urat dan radang sendi paling banyak menyerang pada orang dewasa yang mulai masuk kedalam usia lanjut misalnya  30 tahun-an keatas, jadi jarang sekali anak muda yang mengalami penyakit seperti kedua ini. Jadi, jika seseorang sudah diindikasi menderita reumatik, maka asam urat pun beresiko akan diidapnya juga.

 Perbedaan Asam Urat dan Radang Sendi

Asam urat merupakan sejenis radang sendi yang disebabkan oleh pengkristalan natrium urat di dalam atau di sekitar sendi, namun asam urat biasanya hanya menyerang bagian ibu jari kaki, lulut, pergelangan kaki atau bahkan di tangan. Sedangkan radang sendi merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan serangan mendadak dan juga berulang sekaligus terasa sangat nyeri dibagian yang sering terkena radang sendi diantaranya tangan, ibu jari tangan, pergelangan tangan bahkan siku juga bisa terserang. Radang sendi terjadi hampir disemua sendi termasuk sendi rahang, tulang dada, bahu, siku dan bagian sendi lainnya, nah jika misalnya radang sendi menyerang salah satu jari tangan maka kemungkinan juga semua jari tanganpun akan terserang. Salah satu penyebabnya adalah sendi yang terinfeksi atau bisa juga karena adanya pengapuran. Perbedaan asam urat dan radang sendi

Artikel Terkait:

Bahkan dari kesemua penyebabnya yang diketahui ada berjumlah 90 sebab, satu diantaranya adalah karena kristal asam urat yang menumpuk. Sedangkan terjadinya asam urat hanya menyerang satu bagian sendi saja. Lalu apa mungkin penyebab keduanya pun berbeda ? tentu kedua penyebab tersebut sangatlah berbeda asam urat yang menyerang sendi biasanya disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi, misalnya karena kekurangan enzim tertentu yang ahirnyapun dapat menyebabkan metabolisme pun tak sempurna dan akumulasi asam urat didalam darah juga menjadi tinggi.

Akumulasi asam urat yang tinggi di dalam darah ini nantinya bisa menyebabkan pengkristalan di dalam sendi nah itu yang menyebabkan terjadinya peradangan. Walaupun asam urat diketahui sebagai penyakit yang disebabkan pola hidup yang tidak sehat. Namun, sudah diketahui juga bahwa penyebabnya di dalam tubuh adalah adanya persendian yang tertutupi kristal asam urat sehingga susah digeraka. Sedangkan untuk indikasi yang terjadi kenapa reumatik dalam tubuh terjadi, penyebabnya banyak dan tidak seperti kristal asam urat.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena asam urat dan radang sendi

  • Kelebihan berat badan (Obesitas)
  • Umur dan jenis kelamin
  • Sering mengkonsumsi makananan yang banyak mengandung purin.
  • Memiliki masalah pada ginjal yang ahirnya dapat menganggu pembuangan asam urat
  • Sering mengkonsumsi minuman beralkohol
    Memilki keluarga dengan riwayat penyakit ini

Untuk mengetahui secara pasti yang perlu anda lakukan cukup sederhana, anda cukup pergi kerumah sakit dan dokter pun akan mengeceknya lewat tes laboratorium, maka dari situ andapun bisa tahu secara pasti jika anda memang positif terkena asam urat anda perlu waspada karena radang sendi juga berarti telah berpotensi menyerang anda sebelumnya.  Perbedaan asam urat dan radang sendi

Penyebab radang sendi

Karena radang sendi banyak macamnya, maka penyebabnya pun berbeda-beda. Berikut penyebab radang sendi yang utama.

Osteoarthritis terjadi ketika ada kerusakan di dalam dan sekitar sendi, di mana kerusakan itu tidak dapat sepenuhnya diperbaiki oleh tubuh. Penyebab pasti tidak diketahui, tetapi ada beberapa faktor diduga meningkatkan risiko mengembangkan kondisi tersebut. Seperti cedera sendi, infeksi sendi, usia tua, obesitas, dan riwayat keluarga. Pada osteoarthritis, kerusakan sendi tidak sepenuhnya dapat diperbaiki sehingga beberapa tulang rawan (permukaan pelindung yang memungkinkan sendi untuk bergerak dengan lancar) dalam sendi bisa hilang, pertumbuhan tulang baru dapat terjadi di sana, dan sendi dapat menjadi sedikit meradang (merah dan bengkak).

Penyebab Rheumatoid Arthritis (RA)

Pada rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan kapsul sendi, membran tangguh yang membungkus semua bagian sendi. Lapisan ini dikenal sebagai membran sinovial, menjadi meradang dan bengkak. Proses penyakit akhirnya dapat merusak tulang rawan dan tulang di dalam sendi.

Memang belum jelas apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyebabkan radang sendi ini, meskipun sudah diketahui beberap faktor risiko seperti jenis kelamin wanita, riwayat keluarga dengan rheumatoid arthritis, dan merokok.

Tindakan Pencegahan dan Penyembuhan

Selain perbedaan antara asam urat dan radang sendi juga, ternyata persamaannya terletak dalam proses pencegahan dan pengobatannya. Bagi anda yang tervonis mengalami riwayat baik asam urat maupun radang sendi ada baiknya mulai dari sekarang anda mencoba untuk merubah pola gaya hidup anda dengan menjadi lebih baik, yang dulunya kurang menjaga pola nutrisi yang masuk kedalam tubuh dari sekarang anda mencoba untuk menjaga dan lebih teliti akan asupan nutrisi makanan yang anda makan, dengan hal yang kecil saja contohnya anda mengurangi atau bahkan lebih baiknya lagi menghindari makanan yang banyak mengandung purin pemicu berkembanya penyakit kedua ini. Seimbangkan makan-makanan sehat, olahraga yang teratur serta pola istirahat yang cukup ini dapat anda lakukan sebagai pencegahan sekaligus untuk penyembukan secara sederhana dan mudah untuk anda lakukan.

Pos By: www.vigpower-capsule.web.id

Vig Power Capsule:

perbedaan asam urat dan radang sendi,perbedaan asam urat dengan nyeri,perbedaan radang sendi dengan asam urat,perbdaan asam urat dan radang sendi,nyeri sendi dan asam urat,radang sendi dan asam urat apakah sama,membedakan radang sendi dan adam urat,bedanya penyakit sendidgn asam urat,bedanya asam urat dan nyeri tulang,beda asam urat dan radang sendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *