Ketahui!! inilah Perbedaan Asam Urat Dan Rematik

Perbedaan asam urat dan rematik – Perbedaan asam urat dan rematik bisa diketahui dari penyebabnya. Penyebab asam urat adalah karena kadar asam urat dalam tubuh brelebih. Sedangkan banyak hal yang menyebabkan rematik. Rematik biasa dijumpai dengan rasa nyeri di bahu, pinggang atau leher, pengapuran di sendi, infeksi dan lain sebagainya. Rematik termasuk penyakit yang banyak dijumpai di masyarakat, diperkirakan ada lebih dari 90 penyebab penyakit rematik yang salah satunya adalah akibat penumpukan asam urat dalam tubuh.

Perbedaan-Asam-Urat-Dan-RematikJika penyakit asam urat ini diakibatkan oleh adanya penumpukan zat purin yang berlebih sehingga kadar asam  urat  mengkristal di daerah persendian, sedangkan dari penyakit rematik sendiri dapat diakibatkan oleh banyak sebab dan faktor salah satunya ialah faktor usia. Kebanyakan penderita rematik ini yang telah memasuki usia lanjut aatu sekitar 60 tahun keatas. Penyakit asam urat biasanya menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian atau titik persendian sedangkan dari penyakit rematik ini pada umumnya menyerang lebih luas pada bagian tubuh seperti pinggang, bahu, leher, serta persendian lainnya atau bahkan diringi dengan pengapuran. Ketahui!! inilah Perbedaan Asam Urat Dan Rematik

Baca Juga: Makanan Penyebab Asam Urat Yang Harus Dihindari

Untuk mengetahui lebih jelas disarankan untuk segera memeriksakan gangguan yang terjadi pada persendian apakah itu karena asam urat yang tinggi atau bukan, dan sebaiknya dilakukan pengecekan di laboratorium agar mandapatkan hasil yang lebih valid dan tepat.

Ketahui!! inilah Perbedaan Asam Urat Dan Rematik

Gejala Penyakit Asam urat

Penyakit asam uratmerupakan penyakit yang banyak dikeluhkan oleh kebanyakan orang. Ini karena gejala yang ditimbulkan sngat sering terjadi terutama pada papgi hari dan malam hari. Penyakit asam urat adalah jenis arthritis yang sangat menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian, akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Sendi-sendi yang diserang terutama adalah jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku. Selain nyeri, penyakit asam urat juga dapat membuat persendian membengkak, meradang, panas dan kaki. Berikut ini beberapa gejala penyakit asam urat yang sering mengganggu aktifitas sehari-hari para penderita asam urat: Ketahui!! inilah Perbedaan Asam Urat Dan Rematik

  • Nyeri pada sendi atau rasa sakit yang berlebihan bahkan mengakibatkan terjadinya pembengkakan (peradangan) pada area persendian, pengelupasan kulit pada area persendian dan demam.
  • Penyakit batu ginjal bisa tumbuh dan berkembang bahkan mungkin tidak terdeteksi sampai pada mereka terjebak dalam ureter yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Hal ini membuat seseorang sering buang air kecil, kencing darah, mual dan muntah.
  • Gejala lainnya dan yang paling parah terkait dengan kadar asam urat tinggi adalah gagal ginjal. Biasanya ditandai dengan kurang kencing, sesak napas, pembengkakan pada tungkai, kebingungan dan mengantuk, kelelahan, atau nyeri pada dada.
  • Kadar asam urat yang tinggi sangat berkaitan dan mempengaruhi hipertensi,diabetes dan penyakit jantung.

Baca Juga: Bahaya Asam Urat 

Gejala Penyakit Rematik

Gejala rematik bermacam-macam, tergantung pada jenisnya. Namun, secara umum rematik ditandai dengan rasa nyeri dan kaku pada persendian, otot dan tulang. Selain itu, rematik juga disertai dengan gejala lain seperti rasa lelah dan lemah, demam, sulit tidur, depresei, berat badan menurun, serta gerak tubuh terhambat atau lamban dan tidak gesit.

  • Nyeri pada anggota gerak, dan rasa nyeri tersebut tidak hanya dipersendian, tetapi juga menyebar hingga ke seluruh tubuh.
  • Kelemahan otot, dalam hal ini disebabkan oleh proses rematismus yang berjalan cukup lama. Jaringan yang terkena proses patologik yaitu saraf pergerakan (saraf motorik)atau otot
  • Peradangan dan bengkak pada sendi
  • Kekakuan sendi
  • Kejang atau kontraksi otot
  • Gangguan fungsi, sperti tidak dapat berjalan karena lutut atau tumit sakit atau tidak bisa berbalik karena pinggang terasa sakit.
  • Sendi berbunyi, pada penyakit rematik, dapat dirasakan adanya bunyi berderak yang dapat diraba dan didengar.
  • Sendi goyah, sendi yang posisinya goyah dapat terjadi karena kerusakan rawan sendi atau ligamen yang robek. Selain itu, dapat disebabkan juga karena adanya peradangan atau trauma pada ligamen dan kapsul sendi.
  • Rematik yang parah dapat menyebabkan perubahan bentuk organ tubuh atau kecacatan.
  • Umumnya, benjolan timbul pada rematik gout kronis yang disebut tofus. Tofus merupakan endapan seperti kapur di bawah kulit atau di dalam sendi yang menandakan adanya pengendapan asam urat.

Rematik tidak seperti asam urat. Jika asam urat menyerang titik-titik persendian pada kaki, maka rematik lebih luas lagi serangannya. Punggung, bahu, leher, hingga pinggang akan merasakannya. Salah satu penyebabnya adalah sendi yang terinfeksi atau bisa juga karena adanya pengapuran. Bahkan dari kesemua penyebabnya yang diketahui ada berjumlah 90 sebab, satu diantaranya adalah karena kristal asam urat yang menumpuk. Ketahui!! inilah Perbedaan Asam Urat Dan Rematik

Dengan mengetahui perbedaan antara rematik dan asam urat tentu akan lebih mudah mengenali kedua penyakit ini. Apabila anda mengalami gejala yang hampir mirip dan anda ragu apakah itu asam urat atau buka? Penjelasan yang ada di sini tentu dapat membantu anda mengenali penyakit persendian yang anda derita, dan untuk memastikannya sebaiknya dilakukan uji laboratorium.

Pos By: www.vigpower-capsule.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *